Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brio Jadi Tulang Punggung Honda di GIIAS 2024

Kompas.com - 30/07/2024, 08:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski kondisi pasar sedang lesu, namun PT Honda Prospect Motor (HPM) berhasil mengantongi pemesanan sebanyak 1.861 unit dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Jumlah tersebut hampir menyerupai pencapaian tahun lalu pada acara yang sama.

Honda Brio Satya dan Brio RS mendominasi pemesanan dengan jumlah 800 unit atau 43 persen dari keseluruhan penjualan di GIIAS 2024. Penyumbang kedua berasal dari model SUV, yakni HR-V sebanyak 386 unit, WR-V 344 unit, BR-V 164 unit, dan CR-V sebanyak 109 unit.

Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM mengatakan, seluruh jumlah tersebut merupakan pemesanan yang dilakukan di booth Honda salam ajang GIIAS 2024 berlangsung, dan telah memenuhi prosedur administrasi dengan booking fee.

Baca juga: Honda HR-V Listrik Raih Favorite Special Exhibit Car di GIIAS 2024

Billy juga menjelaskan, dengan jumlah pemesanan yang hampir setara dengan tahun lalu menunjukkan perbaikan permintaan konsumen, meskipun pasar otomotif secara umum sedang mengalami penurunan dibanding periode yang sama pada 2023.

Jajaran produk SUV Honda di GIIAS 2024HPM Jajaran produk SUV Honda di GIIAS 2024

"Hal ini juga mulai berdampak positif terhadap penjualan Honda khususnya di wilayah Jakarta, di mana pada Juli ini kami mencatat peningkatan pemesanan sekitar 20 persen dibanding bulan sebelumnya. Kami optimis realisasi dari pemesanan GIIAS tahun ini akan kembali terlihat dalam angka retail kami di awal semester kedua ini," ujar Billy dalam keterangan resminya, Senin (29/7/2024).

Seperti diketahui, secara nasional pasar otomotif di Indonesia mengalami penurunan. Sepanjang Januari hingga Juni 2024 mencatat retail sebesar 431.987 unit, turun sekitar 14 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Honda sendiri mencatat penjualan retail sebanyak 51.681 unit di 2024 ini, dengan Honda Brio dan model-model SUV menjadi tulang punggung penjualan.

Baca juga: Kata Daihatsu Soal Rocky Hybrid untuk Pasar Indonesia

Adanya GIIAS diklaim berdampak terhadap meningkatnya minat konsumen terhadap produk-produk otomotif. Berdasarkan perhitungan internal Honda, terdapat peningkatan jumlah pengunjung ke booth sebesar 13 persen dari acara yang sama tahun lalu.

Honda e:N1 GIIAS 2024HPM Honda e:N1 GIIAS 2024

Tak hanya itu, Honda juga meraih penghargaan di kategori Favorite Special Exhibit Car pilihan pengunjung GIIAS 2024 untuk Honda e:N1 yang diperkenalkan sebagai mobil listrik pertamanya untuk pasar Indonesia dan siap dijual pada 2025.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau