Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Setelah Pasang Kaca Film Jangan Pakai Power Window

Kompas.com - 29/07/2024, 10:42 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

SOLO, KOMPAS.com - Penggunaan kaca film pada mobil merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Dengan memasang kaca film tidak hanya memberikan perlindungan dari sinar UV, tapi juga membantu meningkatkan privasi penumpang.

Namun, setelah proses pemasangan kaca film selesai ada hal yang perlu diperhatikan supaya hasil tetap optimal, yaitu tidak menggunakan power window.

Baca juga: Kesalahan Umum dalam Menggunakan Head Unit pada Mobil

Kaca Film Makko Group Kaca Film

Christopher Sebastian, CEO Makko Group mengatakan, ada beberapa alasan mengapa tidak boleh menggunakan power window setelah pemasangan kaca film.

“Karena proses pemasangan kaca film ditempel menggunakan salah satunya media air sabun, sehingga setelah kaca film terpasang,” kata Christopher kepada Kompas.com, Senin (29/7/2024).

Christopher melanjutkan, lem pada kaca film tersebut memerlukan waktu beberapa hari agar air sabun mengering dan hilang, sehingga kaca film dapat menempel dengan sempurna pada kaca mobil.

“Oleh sebab itu sebaiknya dihindari gesekan antara kaca dan kaca film dengan karet pintu akibat naik turunnya kaca atas penggunaan power window,” kata Christopher.

Baca juga: Kata Daihatsu Soal Rocky Hybrid untuk Pasar Indonesia

Dia juga menyarankan, sebaiknya dalam waktu minimal tiga hari power window tidak digunakan terlebih dahulu setelah pemasangan kaca film.

“Kami memahami bahwa tidak menggunakan power window tentu sedikit mengganggu pengendara dalam melakukan aktivitas berkendara, apalagi jika mobilitas yang cukup tinggi di perkotaan. Karena itu kaca film masterpiece menggunakan lem berkualitas tinggi dari Jepang, agar lem dapat merekat lebih cepat dan mengikat kuat pada kaca dalam waktu yang lebih cepat,” katanya.

Selain itu, Christopher mengatakan, dengan begitu setelah pemasangan mobil tidak perlu di jemur, sehingga pemiliknya bisa menggunakan power window lebih cepat dan kaca film tetap aman.

"Tidak dibutuhkan kondisi yang terlalu panas pada kaca alias tidak perlu mobil harus dijemur di bawah terik panas matahari, sehingga konsumen akan lebih cepat bisa menggunakan power window-nya dan kaca film pun aman," kata Christopher.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau