Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Inden Hyundai Kona Electric Paling Lama 3 Bulan

Kompas.com - 28/07/2024, 17:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Belajar dari kasus sebelumnya, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menjanjikan waktu inden Kona Electric tidak akan lama.

Dijelaskan Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer HMID, hal tersebut karena pihaknya telah mengoptimalkan banyak komponen produksi di dalam negeri.

Sehingga hampir 100 persen produksi mobil itu sudah dilakukan di dalam negeri melalui pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) di Cikarang, Jawa Barat.

Baca juga: Rawat Konsistensi, Honda Akan Buat Kumpul Komunitas Terbesar

Handover Ceremony Kona Electricdok.HMID Handover Ceremony Kona Electric

"Sekarang tidak ada masalah secara produksi," katanya saat ditemui di lantai pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, ICE BSD, Tangerang belum lama ini.

Dengannya, waktu inden dari Kona Electric hanya sekitar 1-3 bulan. Berbeda jauh dari Ioniq 5 dulu yang sempat tembus setahun.

Sebagai pembuktian komitmen tersebut, jelang penutupan GIIAS 2024 pihak Hyundai sudah mengirimkan tiga unit Kona Electric kepada konsumen pertama dan 10 unit ke Bluebird.

"Kami ingin paling lama orang nunggu dua tiga bulan saja," ucap Soerjo.

Kona Electric resmi menjadi mobil listrik termurah yang ditawarkan Hyundai di Indonesia saat ini dengan banderol Rp 499 juta sampai Rp 590 juta.

Baca juga: Cara Hyundai Ioniq 5 N buat Menarik Minat Konsumen

All-new KONA Electric menjadi mobil listrik pertama di Indonesia yang menggunakan baterai yang diproduksi di Indonesia oleh PT HLI Green Power. Dok. Hyundai Indonesia All-new KONA Electric menjadi mobil listrik pertama di Indonesia yang menggunakan baterai yang diproduksi di Indonesia oleh PT HLI Green Power.

Mobil ini dibekali dua pilihan baterai, yakni 48,4 kWh dan 65,4 kWh. Ada tiga pilihan jarak tempuh yaitu 400 km, 500 km dan 600 km.

Adapun HMMI sendiri sebelumnya mengumumkan telah memulai produksi massal mobil listrik Kona Electric pada Selasa (16/7/2024).

"Hyundai all-new Kona Electric merupakan EV pertama di Indonesia yang benar-benar diproduksi melalui seluruh rantai nilai produksi EV, mulai dari sel baterai, paket baterai hingga menjadi all-new Kona Electric," kata Sunny Kim, President of Hyundai Motor Asia Pacific, di keterangan resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau