Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Klaim Konsumsi BBM Serena e-Power Seirit Ini

Kompas.com - 21/07/2024, 13:21 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

TANGERANG, KOMPAS.com - Serena e-Power secara resmi diluncurkan menggunakan mesin HR14 tiga silinder berkapasitas 1.400 CC dengan teknologi e-Power. Penggerak rodanya hanya mengandalkan dari tenaga motor listrik.

Di atas kertas motor listrik tersebut mampu menghasilkan torsi maksimal mencapai 315 Nm dan limpahan tenaga puncak hingga 160 Tk. Angka tersebut tentu tidak kalah dengan versi sebelumnya yakni torsi 195 Nm dan tenaga 147 Tk.

Benny Suparman, National Sales Manager PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) mengatakan dengan tenaga serta torsi yang lebih besar Serena terbaru memiliki performa jauh lebih baik.

 Baca juga: Apa Pengaruh Kapasitas Mesin Serena Terhadap Performa?


“Bagaimana akselerasi, serta konsumsi BBM-nya bakal lebih baik meski menggunakan mesin lebih kecil dari tipe sebelumnya yakni 1.400 cc, karena sumber tenaga yang menggerakkan roda adalah motor listriknya secara penuh,” ucap Benny kepada Kompas.com, Kamis (18/7/2024).

Benny mengatakan, bila bicara e-Power maka kapasitas mesin tidak berkaitan secara langsung dengan tenaga yang dihasilkan.

“Mesin ini hanya sebagai generator untuk mengisi daya baterai ketika mulai berkurang, sedangkan tenaga yang dihasilkan mengandalkan kemampuan motor listrik secara penuh,” ucap Benny.

 Baca juga: Dijual Rp 600 Jutaan, Ini Keunggulan Nissan Serena e-Power

Nissan Serena e-Power GIIAS 2023Kompas.com/Erwin Nissan Serena e-Power GIIAS 2023

Benny menjelaskan, mesin hanya akan bekerja ketika baterai mulai habis diatur secara otomatis oleh sistem sehingga lebih efisien.

“Berdasarkan pengujian tim internal dan pemakaian pribadi, dengan jalanan normal, Serena e-Power rata-rata konsumsi BBM-nya di angka 1:19, bisa baik dan turun tergantung kondisi,” ucap Benny.

Menurut Benny untuk mobil MPV sekelas Serena capaian tersebut tentu luar biasa melihat bobot kendaraan dan kapasitas penumpangnyas sampai 7 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau