Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Jepang, Isuzu Elf EV Jadi Bagian Logistik Family Mart

Kompas.com - 20/07/2024, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - Isuzu ikut memeriahkan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Pabrikan asal Jepang itu memajang Elf EV untuk unjuk gigi teknologi terbaru.

Sebelumnya pada GIIAS 2022 Isuzu juga pernah menampikan Elf EV dengan boks belakang. Namun rupanya Elf EV di GIIAS 2024 berbeda karena merupakan generasi baru yang lebih canggih.

Baca juga: Alasan Honda Tak Bawa HR-V Hybrid Justru Step WGN

Elf EV yang tampil di booth Isuzu di GIIAS 2024 tersebut bukan lagi berstatus prototipe. Light duty truck (LDT) yang hadir dengan tampilan “kosongan” alias kepala dan sasis saja itu sudah mengaspal di Jepang.

Isuzu Elf EV tampil di GIIAS 2024KOMPAS.com/Gilang Satria Isuzu Elf EV tampil di GIIAS 2024

Yusak Kristian Solaeman, Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan, Elf EV generasi sudah dipakai di Jepang namun penggunaannya masih dalam skala terbatas.

“Di Jepang dipakainya dalam skala terbatas. Artinya dalam rental base sambil mempelajari kebiasaan (masyarakat) dan lain-lain,” kata Yusak di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (18/7/2024).

“Jadi sebagai contoh yang digunakan di Jepang itu hanya untuk melayani Family Mart, kalau teman-teman tahu Family Mart kebetulan dalam keluarga besar yang sama Itochu Group, itu menggunakan (Elf) EV untuk melayani suplai mereka,” katanya.

Baca juga: Wacana Diskon PPnBM, Suzuki Sebut Pemberian Insentif Mesti Hati-hati

Isuzu menampilkan Isuzu Elf EV di GIIAS 2024KOMPAS.com/Gilang Satria Isuzu menampilkan Isuzu Elf EV di GIIAS 2024

Yusak mengatakan, meski sudah digunakan namun di Jepang sendiri Elf EV belum dijual retail untuk umum. Konsepnya masih rental base atau sistem sewa seperti motor listrik Honda PCX Electric.

“Pada dasarnya begini, EV secara teknologi mereka (di Jepang) sudah siap tapi secara komersial dijual dalam bentuk retail seperti yang lain seperti Elf, Traga, dan yang lain belum,” katanya.

“Jadi apakah sudah dijual secara retail itu belum, sama seperti di Indonesia banyak kendaraan listrik seperti itu, jadi skemanya belum dijual per unit sekian dan dibeli jadi konsepnya rental base,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau