Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Nissan Andalkan Mobil Hybrid di Indonesia

Kompas.com - 19/07/2024, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Nissan di Indonesia secara resmi meluncurkan All New Nissan Serena e-POWER pada ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, Rabu (17/7/2024).

Mobil tersebut merupakan electric vehicle tipe serial hybrid dengan tenaga penggerak 100 persen dilakukan oleh motor listrik. Sementara mesin bensin yang digunakan hanya untuk mengisi daya baterai ketika dibutuhkan.

Benny Suparman, National Sales Manager PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) mengatakan Serena e-Power menambah jajaran produk mobil hybrid di Tanah Air sebagai wujud memberikan dukungan dalam mengurangi emisi karbon.

Baca juga: Dijual Rp 600 Jutaan, Ini Keunggulan Nissan Serena e-Power


“Nissan meluncurkan Serena generasi terbaru dengan teknologi e-Power karena saat ini infrastruktur di Indonesia belum cukup lengkap untuk mendukung mobilitas mobil listrik, meski kami menjadi pelopor EV di dunia,” ucap Benny kepada Kompas.com, Kamis (18/7/2024).

Benny mengatakan problem utama mobil listrik untuk saat ini ada di charging karena umumnya masih terbatas keberadaannya di tempat umum.

“Kebanyakan konsumen mengisi baterai mobil di rumah, dan itu membutuhkan waktu lama, sedangkan SPKLU dengan charging DC jumlahnya terbatas, bahkan terkadang harus antre,” ucap Benny.

Baca juga: Nissan Sambut Positif Tren Elektrifikasi di Tanah Air

Kunci Keyless Nissan Serena e-Power Highway Star Kunci Keyless Nissan Serena e-Power Highway Star

Benny mengatakan teknologi e-Power menjadi solusi masalah tersebut karena mesin yang ada di Serena hanya sebagai generator pengisi baterai. Sedangkan tenaga penggerak rodanya diambil alih penuh oleh motor listrik.

Jadi, menurut Benny saat ini masyarakat Indonesia membutuhkan kendaraan hybrid agar emisi karbon berkurang dan efisiensi energi bisa lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau