Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beroperasi Tahun Depan, Ini Model VinFast yang Bakal Diproduksi Lokal

Kompas.com - 15/07/2024, 17:08 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SUBANG, KOMPAS.com - Penetrasi VinFast ke Indonesia mulai nyata usai dilakukannya groundbreaking pabrik perakitan mobil listrik pertamanya di Asia Tenggara di Subang, Jawa Barat, Senin (15/7/2025).

Berdiri di atas lahan seluas 170 hektare, fasilitas tersebut direncanakan selesai tahap pembangunan dan mulai operasi pada kuartal IV/2025 mendatang.

Baca juga: Toyota Rangga Campervan Parkir di GIIAS 2024

CEO PT VinFast Automobile Indonesia, Temmy Wiradjaja menyatakan, pabrik itu akan memiliki beberapa area produksi utama, seperti body shop, general assembly shop, paint shop, area pengujian, dan lain-lain.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat meresmikan groundbreaking pabrik mobil listrik VinFast di Subang, Jawa Barat, Senin (15/7/2024).dok.VinFast Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat meresmikan groundbreaking pabrik mobil listrik VinFast di Subang, Jawa Barat, Senin (15/7/2024).

"Kami di sini akan memproduksi model e-SUV versi kemudi kanan, termasuk seri VF 3, VF 5, VF 6, dan VF 7 untuk Indonesia," kata Temmy di Subang, Jawa Barat, Senin.

"Tapi soal ekspor, saya belum bisa bicara dulu karena fokus ke Indonesia dulu," ujar Temmy.

Adapun investasi awal dari pabrik ini ialah 200 juta dollar AS atau setara Rp 3,1 triliun dengan kapasitas tahunan 50.000 unit kendaraan.

Baca juga: 10 Pelanggaran yang Jadi Prioritas Selama Operasi Patuh Agung 2024 di Bali

Ilustrasi pabrik VinFast di VietnamKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi pabrik VinFast di Vietnam

Ke depannya, bisnis VinFast di Indonesia akan terus ditingkatkan yang mencakup ke layanan aftersales sampai charging station. Mengingat komitmen awal perusahaan asal Vietnam ini sebesar 1,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 18,7 triliun.

"Proyek ini menjadikan komitmen mendalam atas transportasi hijau di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara yang lebih luas. Kami teguh dan setuju untuk mengurangkan emisi karbon," ujar Nguyen Duc Thanh, Vingroup Chairman Senior Advidor and CEO of Vgreen Global Charing Station Jsc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau