Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Bunyi Dengung di Transmisi Mobil Manual

Kompas.com - 11/06/2024, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Salah satu bunyi yang sering terjadi pada mobik transmisi manual, yaitu saat mobil melaju konstan. Ketika pengemudi melepas atau menambah injakan pedal gas, biasanya akan terdengar bunyi dengung .

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan bunyi dengung transmisi pada mobil kecil jarang terjadi, tidak seperti pada mobil truk.

Baca juga: Wajib Cek Fungsi Persneling Transmisi Manual Saat Beli Mobil Bekas


“Jika diamati saat truk melaju kerap terdengar bunyi dengung, dalam hal ini truk kerap memuat beban berat sehingga gearnya mengalami aus, tapi untuk mobil kecil jarang terjadi,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Senin (10/6/2024).

Hardi mengatakan bila mobil penumpang sudah muncul bunyi dengung tersebut, artinya transmisi sudah bermasalah.

“Internal transmisi, khususnya gear kemungkinan sudah mengalami keausan sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan mengkonfirmasi apakah ada partikel logam di dalam olinya,” ucap Hardi.

Baca juga: Waspada Trik Curang Oknum Pedagang Mobil Bekas, Akali Bunyi Transmisi Matik

Transmisi manual Wuling ConferoIST Transmisi manual Wuling Confero

Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) mengatakan ketika pengemudi mobil manual mendengar suara dengung yang muncul dari bagian bawah mobil ada kemungkinan kualitas oli manual sudah jelek.

"Suara itu terjadi karena adanya kontak antar gear, tanda bahwa kualitas oli transmisi sudah menurun. Selain sebagai pelumas, oli juga berperan meredam suara," ucap Brahma kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jadi, bunyi dengung pada transmisi manual bukan hal normal melainkan menandakan adanya masalah pada internal transmisi baik kualitas oli atau mekanikalnya sudah aus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com