Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Kedua Blade Battery BYD, Jarak Tempuh Diklaim Tembus 1.000 Km

Kompas.com - 13/04/2024, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Build Your Dreams (BYD) disebutkan sudah mengembangkan blade battery generasi kedua. Baterai dengan teknologi solid-state tersebut diklaim dapat membuat mobil listrik BYD memiliki jarak tempuh hingga 1.000 Km.

Dikutip dari Drive.com.au, Jumat (12/4/2024), blade battery generasi kedua ini menjanjikan jarak tempuh yang lebih jauh untuk mobil listrik. Selain itu, biaya produksinya juga diklaim lebih murah.

Baca juga: BYD Siap Luncurkan Double Cabin Listrik Pertamanya Dalam Waktu Dekat

Wang Chuanfu, BYD Chairman, mengatakan, generasi kedua blade battery akan tetap menggunakan lithium-ion ferro phosphate (LFP). Baterainya juga disebutkan akan lebih ringan, lebih kecil dimensinya, dan lebih efisien dibanding generasi pertama.

Blade Battery yang diproduksi FinDreams, anak perusahaan BYD, di Chongqing.KOMPAS.com/Azwar F Blade Battery yang diproduksi FinDreams, anak perusahaan BYD, di Chongqing.

Saat ini, belum ada mobil listrik yang memiliki daya tempuh hingga 1.000 Km. Bahkan, mobil listrik BYD yang memiliki daya tempuh terjauh saat ini hanya 570 Km, yakni BYD Seal.

Dengan blade battery generasi kedua yang memiliki dimensi lebih kecil dan lebih efisien, maka dalam satu pak bisa disematkan lebih banyak sel. Sehingga, tak heran jika jarak tempuhnya bisa tembus 1.000 Km.

Baca juga: Luhut Sebut Pabrik BYD di Indonesia Beroperasi mulai 2026

Teknologi Blade Battery yang digunakan BYDDok. BYD Teknologi Blade Battery yang digunakan BYD

Disebutkan bahwa FinDreams, perusahaan baterai milik BYD, akan memperkenalkan blade battery generasi kedua secepatnya pada Agustus 2024 atau selambat-lambatnya pada akhir 2024.

Toyota sendiri berencana memperkenalkan teknologi baterai solid-state pada 2027. Dengan teknologi baterai tersebut, Toyota mengeklaim mobil listriknya akan bisa menempuh jarak hingga 1.200 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com