Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulus Tes Mengemudi, Mobil Hyundai Ioniq 5 Robotaxi Punya SIM

Kompas.com - 08/04/2024, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Hyundai


JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 Robotaxi menjadi mobil otonomos pertama  kendaraan otonom pertama yang lulus tes mengemudi. Usai berhasil melewati berbagai rintangan mengemudi.

Kesuksesan Ioniq 5 Robotaxi menandai tonggak penting dalam kemajuan teknologi self-driving. Sebab teknologi ini semakin canggih dan aman, di mana peran pengemudi bisa digantikan sepenuhnya oleh mobil.

Baca juga: Pasca-Kecelakaan Maut, Skema Contraflow di Km 58 Tol Japek Kembali Normal

Dilansir dari Hyundai.com, Robotaxi IONIQ 5 melakukan tes mengemudi di sekitar Las Vegas, AS. Dengan cekatan mobil mengikuti arahan penguji saat melintasi lalu lintas ramai di kawasan The Strip.

SIM Hyundai Ioniq 5 RobotaxiFoto: Hyundai.com SIM Hyundai Ioniq 5 Robotaxi

Mobil disebut melaksanakan semua manuver yang diperlukan, baik di daerah pinggiran dan tengah kota. Menyelesaikan berbagai rintangan dan tantangan yang biasanya ada di jalan raya.

Untuk diketahui, Hyundai Ioniq 5 Robotaxi pertama kali diperkenalkan di Las Vegas pada akhir 2023. Selain itu Hyundai dan Motional sudah menguji mobil ini di jalanan Boston, San Diego, dan Singapura.

Baca juga: Menhub dan Kakorlantas Bakal Tinjau Lokasi Kecelakaan Km 58 Tol Japek

Ioniq 5 ‘robot’ merupakan proyek kolaborasi antara Hyundai dengan Motional, yang merupakan perusahaan teknologi kendaraan otonom berbasis di Boston, Massachusetts.

Untuk menjalankan mobil ini, "otak pintarnya" secara khusus memiliki lebih dari 30 sensor dan sistem komputasi canggih untuk menavigasi situasi di jalan raya yang paling tidak terduga sekalipun.

Hyundai Ioniq 5 RobotaxiDoc Carscoops - Youtube Hyundai Hyundai Ioniq 5 Robotaxi

Baca juga: Mengenal Delaying Sistem, Skema buat Urai Kepadatan di Pelabuhan Merak

Ioniq 5 Robotaxi juga telah dilatih untuk mengidentifikasi dan memprediksi perilaku semua pejalan kaki, meskipun mereka mengenakan kostum yang tidak biasa dan melakukan hal-hal aneh.

Bahkan jika seorang pejalan kaki melakukan juggling di trotoar menjatuhkan sesuatu ke jalan, Ioniq 5 akan mengenalinya dan berhenti.

Hyundai juga mengklaim bahwa Robotaxi ini layaknya sopir berpengalaman dan mampu menavigasi jalan masuk hotel yang padat di seluruh Las Vegas, mengidentifikasi orang yang ingin menumpang sampai menjemput pelanggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com