Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengurai Perbedaan Tampilan Hyundai Ioniq 5N dengan Versi Standar

Kompas.com - 27/03/2024, 08:01 WIB
Aris F Harvenda

Editor

Barcelona, KOMPAS.com - Divisi performa Hyundai menghadirkan versi kencang yang ketujuh dari jajaran produk yang saat ini dijual global. Pada kesempatan kali ini model yang dibuat kencang adalah mobil listrik Ioniq 5.

Berlabel Ioniq 5N, Hyundai tentunya menyulap mobil ramah lingkungan berbasis motor listrik ini dengan tenaga yang mampu memacu adrenalin.

Namun sebelum kita bicara perihal tenaga, mari kita ulas dahulu beberapa perbedaan yang menjadi identifikasi Ioniq 5N ini dibanding versi reguler.

Detail bemper depan Hyundai Ioniq 5NKompas.com - Aris Harvenda Detail bemper depan Hyundai Ioniq 5N
Tak banyak perbedaan yang dimiliki dari sisi tampilan, karena secara garis besar semua terlihat mirip. Ada beberapa bagian yang didesain berbeda dengan tujuan aerodinamis dan sedikit memberi kesan sporty. Seperti bemper depan, belakang, dan juga spoiler. Plus embos logo N yang menempel di bagian belakang side skirt sebagai identitas tambahan, serta lubang angin pada fender belakang.

Namun, di balik tampilan tersebut sebenarnya para insinyur Hyundai telah melakukan penguatan pada body dan sasis. Bahkan diklaim ada penambahan 42 pengelasan pada sasis dan perekat struktural untuk membuat Ioniq 5N ini lebih rigid dan stabil untuk melakukan manuver.

Fender belakang Hyundai Ioniq 5N dengan air scoopKompas.com - Aris Harvenda Fender belakang Hyundai Ioniq 5N dengan air scoop
DNA sport

Tahan dulu kekecewaan Anda perihal tampilan eksterior yang tak begitu gahar pada Ioniq 5N. DNA sport akan Anda temukan saat memasuki kabin. Mata Anda akan disapa oleh jok semi bucket berlapis alcantara khas mobil sport dengan logo N pada sandaran bagian leher.

Setir yang dipasang pun memberikan nuansa sport yang sangat kental. Mulai penempatan paddle shift di balik kemudi hingga tombol-tombol di area tengah setir. Setir ini memang sengaja didesain khusus untuk Ioniq 5N.

Jok semi bucket Hyundai Ioniq 5NKompas.com - Aris Harvenda Jok semi bucket Hyundai Ioniq 5N
Di sisi bagian atas palang terdapat tombol bertuliskan Drive Mode dengan fungsi mengatur mode pengendaraan, Eco, Normal, dan Sport. Di sisi kanan palang ada tombol bertuliskan NGB yang merupakan kepanjangan dari N Grin Boost.

NGB ini berfungsi untuk mendapatkan tenaga tambahan 41 tk dari daya yang dimiliki (609 tk) selama 10 detik. Jadi ketika tombol tersebut ditekan maka seketika itu pula tenaga yang disemburkan bisa mencapai 650 tk.

Setir Hyundai Ioniq 5NKompas.com - Aris Harvenda Setir Hyundai Ioniq 5N
Sementara di bagian bawah palang ada 2 tombol berlogo N di sebelah kiri dan kanan dengan fungsi yang berbeda. Sebelah kiri untuk pengaturan tampilan panel sekaligus mengaktifkan mode Sport.

Tombol bulat berlogo N di sebelah kanan berfungsi untuk membuka akses guna menyetel gaya berkendara. Antara lain, launch control, N drift, artificial sound dan pembagian distribusi tenaga.

Ada perbedaan desain pada konsol tengah sebagai pembeda dengan varian standar, tanpa mengubah fungsi sebagai sebagai area penyimpanan.

Sederhana sih, namun sudah cukup memberikan aura sporty pada Ioniq 5N ini dari segi penampilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com