Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Bakal Bikin Mobil Full Hybrid di Indonesia

Kompas.com - 15/02/2024, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar kendaraan elektrifikasi di Indonesia semakin berkembang pesat. Suzuki, sebagai salah satu merek otomotif di Indonesia, tak ingin ketinggalan dalam tren ini.

Setelah sukses dengan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) pada model Ertiga, XL7, dan Grand Vitara, Suzuki berniat untuk memproduksi mobil full hybrid di dalam negeri.

“Ini (SHVS) stage awal, kemudian hybrid yang lebih advance baru full elektrik. Secara roadmap sudah ada, tetapi saya belum bisa bilang kapan,” ucap Donny Saputra, Deputy Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kepada Kompas.com, di Jakarta, Selasa (13/2/2024).

Baca juga: Presiden Jokowi dan Jajaran Menteri Dipastikan Buka Pameran IIMS 2024

Tak hanya itu, kedepannya Suzuki juga akan menghadirkan teknologi elektrifikasi pada kendaraan Suzuki lainnya. Tidak hanya model yang sudah ada namun juga model yang akan diperkenalkan.

Suzuki Grand Vitara SHVS GIIAS 2023KOMPAS.com/NANDA Suzuki Grand Vitara SHVS GIIAS 2023

“Jadi kami berusaha untuk model-model penumpang yang kita produksi dalam negeri akan lari ke kendaraan elektrifikasi. Tidak hanya model-model yang sudah ada tapi juga model yang akan kita perkenalkan,” kata Donny.

Baca juga: Harga SUV Medium Bekas per Februari 2024, X-Trail mulai Rp 113 Jutaan

Sebagai informasi, saat ini Suzuki sudah ada tiga model Suzuki yang dibekali teknologi SHVS.

SHVS dibangun dengan kombinasi perangkat Integrated Starter Generator (ISG) serta Lithium-Ion Battery.

Kombinasi kedua perangkat diklaim bisa menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih baik, bahan bakar yang lebih efisien, ringan, dan ringkas. Teknologi seperti ini dikenal juga sebagai Mild Hybrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com