Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Otomotif Thailand Dua Kali Lipat ketimbang GIIAS 2023

Kompas.com - 13/12/2023, 11:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Thailand International Motor Expo telah berlangsung dari 30 November hingga 11 Desember 2023. Selama 12 hari, pameran ini diklaim mencetak rekor baru dalam banyak hal.

Ketua Penyelenggara Thailand International Motor Expo 2023 Kwanchai Paphatphong mengatakan, pameran itu  berhasil mencatat penjualan kendaraan hingga puluhan ribu unit, yang terdiri dari kendaraan listrik maupun kendaraan bermesin bakar internal.

Adapun jumlah pengunjung mencapai lebih dari 1,5 juta orang dengan nilai transaksi mencapai 72 miliar baht atau setara Rp 31,4 triliun.

Baca juga: Ulas Perbedaan Toyota Transmover Bluebird dengan Avanza

BYD jadi salah satu merek mobil listrik yang meramaikan Thailand International Motor Expo 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA BYD jadi salah satu merek mobil listrik yang meramaikan Thailand International Motor Expo 2023

Sebagai gambaran, angka ini dua kali lipat lebih bila dibandingkan pameran GIIAS 2023 di Indonesia, yang mencatat pengunjung 400.000 orang dan transaksi sekitar Rp 15 triliun.

“Tahun ini adalah perayaan ulang tahun ke-40 yang sangat sukses. Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat,” ujar Paphatphong dalam keterangan resmi, Selasa (12/12/2023).

“Baik sponsor, pendukung, produsen mobil dan motor, peralatan terkait, bisnis kapal dan pesawat terbang, serta lembaga pemerintah dan swasta, termasuk sejumlah besar pengunjung acara di Muang Thong Thani dan online,” kata dia.

Baca juga: Belajar dari Konflik Anggota Komunitas Avanza-Xenia, Jangan Arogan kalau Konvoi

Secara lebih terperinci, angka pemesanan mobil meraih 53.248 unit dan motor 7.373 unit. Dari jumlah tersebut, komposisi penjualan mobil listrik mencapai 38,4 persen, sedangkan mobil konvensional 61,6 persen.

Honda jadi merek mobil terlaris dalam pameran kali ini, sedangkan Toyota dan Changan berada di tempat kedua dan ketiga.

Adapun untuk mobil listrik yang paling banyak dipesan pada Thailand International Motor Expo 2023 adalah Changan, BYD, dan Aion.

Dari sisi segmentasi, SUV meraih pangsa pasar 57,3 persen, sedangkan sedan 18,3 persen, lalu truk 9,5 persen, pikap 9,5 persen, dan lainnya 4,5 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com