Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Neta di Thailand Resmi Beroperasi, Indonesia Menyusul pada 2024

Kompas.com - 01/12/2023, 07:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrik mobil listrik Neta di Thailand resmi beroperasi. Pabrik ini adalah yang pertama berdiri di luar China.

Dikutip dari Carnewschina.com, Kamis (30/11/2023), produksi di pabrik Neta di Thailand resmi beroperasi pada hari yang sama. Kapasitas produksinya disebutkan mencapai 20.000 unit per tahun.

Baca juga: Neta Resmi Gandeng Handal Motor, Rakit Mobil Listrik di RI 2024

Pabrik Neta di Thailand hanya memproduksi satu model, yakni Neta Aya atau dipasarkan di negera lain dengan nama Neta V-II. Mobil listrik tersebut adalah pengganti Neta V.

Pabrik mobil listrik Neta di Thailand resmi beroperasiDok. Carnewschina.com Pabrik mobil listrik Neta di Thailand resmi beroperasi

Pabrik ini akan memproduksi versi setir kanan kendaraan Neta. Penjualannya per tahun di Thailand ditargetkan mencapai 13.000 unit. Disebutkan bahwa pabrik ini akan menjadi pusat produksi untuk Neta di wilayah ASEAN.

Sebelumnya, PT Neta Auto Indonesia juga mengumumkan akan mendirikan pabrik perakitan. Namun, pabrik tersebut digunakan untuk merakit Neta V dan Neta U.

Baca juga: Mobil Listrik Neta V Mulai Diserahkan ke Konsumen

Belum lama ini, Neta juga sudah resmi menjalin kerja sama dengan PT Handal Indonesia Motor (HIM) untuk merakit mobil listriknya secara lokal. Perakitan akan dimulai kuartal kedua tahun 2024.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Neta dan Handal Motor di Jakarta, Senin (27/11/2023)Dok. NETA Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Neta dan Handal Motor di Jakarta, Senin (27/11/2023)

"Indonesia bukan hanya pasar yang penting bagi Neta, melainkan juga memiliki potensi besar dalam perkembangan mobil listrik di tingkat global," kata Zhang Yong, Co-founder & CEO of NETA Auto, dalam keterangan resminya.

"Penandatanganan kesepakatan dengan PT HIM menjadi keseriusan kami selanjutnya untuk mengembangkan mobil listrik high-technology yang dirakit secara lokal untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Tanah Air," kata Zhang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com