Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kenapa Banyak Mobil Baru Beralih Pakai Sistem FWD

Kompas.com - 28/11/2023, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil penggerak roda depan (FWD) banyak dijumpai pada mobil keluaran terbaru. Seperti Toyota yang meninggalkan sistem penggerak roda belakang (RWD) pada Avanza terbaru dan beralih menjadi FWD.

Belum lagi mobil-mobil keluaran terbaru seperti Mitsubishi Xpander, Nissan Magnite, Daihatsu Rocky, Toyota Raize, dan Honda Civic Type R mengandalkan sistem FWD.

Rupanya peralihan tersebut bukan tanpa dasar, sistem FWD menjadi pilihan karena memiliki banyak keunggulan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Perawatan Mobil FWD Lebih Mahal dari RWD

Mobil Honda Civic Type R yang dikendarai pebalap Indonesia, Alvin Bahar, pada ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2023. Putra Alvin, Avila Bahar, tampil sebagai pemenang balapan kelas Kejurnas ITCR 1500 pada putaran kedua ISSOM 2023 yang digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (16/7/2023).Dok. Pribadi Mobil Honda Civic Type R yang dikendarai pebalap Indonesia, Alvin Bahar, pada ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2023. Putra Alvin, Avila Bahar, tampil sebagai pemenang balapan kelas Kejurnas ITCR 1500 pada putaran kedua ISSOM 2023 yang digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (16/7/2023).

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, alasan banyak mobil yang dikonversi, dari penggerak roda belakang ke depan, untuk mengejar CO2 tax.

"Semakin besar mesin, maka CO yang dihasilkan semakin besar. Sehingga, pajaknya semakin mahal," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Maka dari itu mobil sebisa mungkin dibuat ringan, salah satunya dengan menerapkan penggerak roda depan, untuk sasis monocoque kan juga bisa, tidak perlu ladder frame yang berat," ucap Didi.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil RWD Lebih Kuat Menanjak Dibandingkan FWD?

Test drive Daihatsu Rocky bekas milik mobil88Foto: mobil88 Test drive Daihatsu Rocky bekas milik mobil88

Menurutnya sistem RWD mengharuskan mobil menggunakan ladder frame karena membutuhkan ruang gerak perangkat penggerak lebih luas.

Sedangkan rangka monocoque jauh lebih ringan, namun desainnya tidak bisa menerapkan sistem RWD karena lantainya datar.

Didi menambahkan, belum lagi ditambah komponen lain, seperti diferensial dan propeller shaft. Sehingga, dibutuhkan mesin yang besar untuk bisa menggerakkan rangka dan bodi tersebut.

Baca juga: Honda Civic Type R Catat Rekor Mobil FWD Terkencang di Nurburgring

Raize bekasDicky Aditya Wijaya Raize bekas

"Mesin yang kapasitasnya besar, CO yang dihasilkan juga besar. Maka dibuat ringkas, bodinya tidak berat, mesinnya tidak mengeluarkan banyak CO, sehingga harga mobilnya juga tidak terlalu mahal," ujarnya.

Jadi, atas dasar kerugian tersebut sistem FWD banyak dipakai pada mobil-mobil keluaran terbaru. Alasannya demi mengurangi emisi gas buang, efisiensi dan membuat harga mobil lebih terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com