Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Seres E1 Dijual mulai Rp 180 Jutaan

Kompas.com - 10/08/2023, 16:18 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Sokonindo Automobile secara resmi mengumumkan tipe serta harga mobil listrik Seres E1, di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Sesuai prediksi awal, ada 2 tipe yang dihadirkan dengan banderol harga sangat kompetitif, yakni B-Type seharga Rp 189 juta, dan L-Type seharga Rp 219 Juta. Kedua harga tersebut untuk on the road (OTR) DKI Jakarta.

Franz Wang, Chief Operating Officer (COO) PT Sokonindo Automobile, mengaku sangat optimis dengan respon para calon konsumen. Menimbang harga resmi Seres E1 sangat kompetitif.

Baca juga: 5 Jagoan Baru Honda di GIIAS 2023, Termasuk All New CR-V Hybrid

“Seres E1 memang diperuntukkan sebagai solusi mobilitas di dalam kota yang membutuhkan kendaraan lincah, dapat diandalkan, dan ramah lingkungan,“ ujarnya kepada awak media, Kamis (10/8/2023).

Dia menambahkan pemilihan harga tersebut diputuskan setelah melalui tahapan yang panjang. Walaupun Seres E1 memiliki banderol yang jauh lebih rendah dibandingkan kompetitor, kualitasnya diklaim akan memenuhi ekspektasi konsumen.

Seres E1 di GIIAS 2023KOMPAS.com / Daafa Seres E1 di GIIAS 2023

“Penentuan harga Seres E1 ini menjadi refleksi semangat PT Sokonindo Automobile untuk memasyarakatkan kendaraan listrik, dan bentuk partisipasi aktif dalam mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang diusung Pemerintah Indonesia,” Kata Franz.

Terkait spesifikasi, kedua tipe Seres E1 memiliki spesifikasi yang cukup serupa. Mulai dari dimensi ukuran, fitur keselamatan, serta baterai jenis Lithium Ferro Phospate (Li-Pho).

Perbedaan hanya pada kapasitas baterai dan daya jelajah, di mana B-Type berkapasitas 13.800 watt dengan klaim daya jelajah sejauh 130 kilometer. Sedangkan L-type berkapasitas 16.800 watt dan daya jelajah 220 kilometer.

Mobil listrik mungil ini juga dibekali charger type-2 yang sudah merupakan standar SPKLU di Indonesia, namun belum dibekali teknologi pengisian daya cepat.

Menurut klaim Sokonindo, Seres E1 membutuhkan waktu pengecasan selama 4 jam , dari kapasitas baterai 10 persen menjadi 90 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com