Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tahun di Indonesia, Wuling Tak Sekadar Tawarkan Produk

Kompas.com - 16/07/2023, 18:21 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Wuling Motors memberikan warna baru di pasar otomotif Tanah Air. Meski sempat dipandang sebelah mata karena bersaing keras dengan merek Jepang, namun produk-produk yang ditawarkan terbukti bisa diterima dan mampu berkompetisi.

Hadir di Indonesia enam tahun lalu, tepatnya pada Juli 2017, sampai saat ini Wuling sudah memiliki banyak produk di berbagai segmen. Perkembangannya pun cukup pesat dengan ekspansi jaringan yang sudah mencapai 150 diler.

Lebih detail, sebenarnya perjalanan Wuling di Indonesia sudah dilakukan sejak 2015 ketika membuktikan komitmen dengan melakukan seremoni peletakan batu pertama pembangunan pabrik di Cikarang, Jawa Barat, seluas 600.000 meter persegi.

Kini jajaran produk yang lahir dari pabrik tersebut sudah banyak dinikmati masyarakat Indonesia, bahkan dunia karena diekspor untuk memenuhi permintaan pasar di beberapa negara.

Baca juga: Tes Dalam Kota, Seberapa Irit Konsumsi BBM Suzuki Grand Vitara?

Mobil listrik Wuling Air ev untuk KTT G20Dok. Wuling Mobil listrik Wuling Air ev untuk KTT G20

Jajaran produk yang disediakan Wuling Motors cukup lengkap untuk konsumen di Indonesia. Dari MPV dengan Confero, Cortez, dan Formo, SUV untuk Almaz dan Almaz RS, niaga dengan Formo Maz, sampai elektrifikasi dengan kehadiran Almaz Hybrid dan Air ev.

Tak heran setelah genap enam tahun di Indonesia sampai saat ini Wuling sudah memiliki lebih dari 112.000 konsumen.

Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan, inovasi telah menjadi pilar utama Wuling dalam menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Di usia yang bertambah, kami akan terus hadir dengan inovasi tanpa akhir untuk menghadirkan solusi mobilitas yang modern bagi masyarakat untuk menuju kehidupan yang lebih baik serta membawa warna baru di industri otomotif Indonesia yang kini sedang dalam masa transisi ke elektrifikasi," ucap Dian dalam keterangan resminya, Kamis (13/7/2023).

Baca juga: Wuling Green Drive Festival, Konvoi Sambut 10.000 Unit Air ev

Untuk Air ev, sejak perdana mengaspal di Tanah Air pada 2022 lalu langsung mendapat animo tinggi dengan catatan wholesales 8.053 unit. Sementara pencapaian di 2023 sampai Mei sudah mengantongi 1.434 unit.

Wuling Alvez bikin banyak pengunjung IIMS 2023 penasaranDok. Wuling Motors Wuling Alvez bikin banyak pengunjung IIMS 2023 penasaran

Pencapaian Wuling tak sekadar dari produk yang kompetitif secara harga, tapi juga sajian inovasi teknologi yang dihadirkan.

Berbagai inovasi canggih diaplikasi pada ragam lini produk guna memberikan sensasi berkendara yang optimal. Pada New Cortez, seri Almaz, dan Air ev, terdapat Wuling Indonesian Command (WIND) yang merupakan fitur perintah suara berbahasa Indonesia pertama.

Tak hanya itu, ada juga Wuling Remote Control App yang memungkingkan penggunanya untuk mengoperasikan ragam fitur dari jarak jauh via aplikasi MyWuling+ dari ponsel.

Baca juga: Chery Omoda 5 Sudah Terjual 50.000 Unit Lebih di Seluruh Dunia

Meningkatkan rasa aman dalam berkendara, Wuling ikut menyematkan Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang merupakan fitur keselamatan aktif dan modern pada Almaz RS dan Almaz Hybrid.

Inovasi lain yang ditawarkan adalah dari layanan purnajual melalui emergency road assistance dan Wuling Mobile Service. Adanya jalinan kerja sama dengan Tekno Body Repair memudahkan konsumen melakukan perbaikan bodi dan cat dengan pengerjaan yang lebih cepat.

Wuling Air EVdok.Wuling Motors Wuling Air EV

Perjalanan Wuling selama 6 tahun juga diwarnai dengan beragam prestasi, salah satu yang terbaru adalah predikat Green Product of The Year pada perhelatan Sustainable Marketing Excellece (SME) 2023 pada kategori Planet Preservation.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com