Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Ban Mobil yang Sudah Retak, Cek Harga Ban Mobil per Juli 2023

Kompas.com - 10/07/2023, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban mobil terbuat dari karet dan seiring berjalannya waktu kondisinya pasti akan menurun. Salah satunya adalah terjadi keretakan yang diakibatkan oleh banyak faktor.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan ban mobil menjadi retak yaitu perubahan cuaca, suhu, kelembapan, dan eksposur permukaan ban terhadap senyawa kimia, seperti oli dan aspal.

Baca juga: Waspada Modus Kejahatan di Puncak Bogor, Ban Mobil Disiram Pakai Oli

Ban mobil yang sudah mengalami keretakan tidak disarankan untuk terus digunakan. Bahkan, sebaiknya lekas diganti dengan yang baru.

Ban mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com/Sendy Ban mobil listrik Toyota bZ4X

“Demi keamanan dan keselamatan berkemudi, ban yang sudah retak-retak sebaiknya segera diganti baru saja,” kata Andre Satrio, Manajer Motorsport Pirelli Indonesia, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Andre, ban yang sudah mengalami keretakan tidak bisa diperbaiki. Sehingga, satu-satunya solusi adalah menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: Jangan Biarkan Tekanan Udara Ban Mobil Selalu Kurang

“Ban kan berbahan karet, jika sudah retak satu retakan itu akan menyebar. Semakin sering digunakan, semakin sering terekspos dengan panas, retakannya bisa semakin besar,” kata Andre.

Ban mobil bisa bocor dan sulit ditambal karena batu yang menempelIvan Radic/Flickr Ban mobil bisa bocor dan sulit ditambal karena batu yang menempel

Andre menambahkan, jika dipaksakan, maka akibatnya cukup fatal. Ban bisa saja mengalami bocor halus atau bahkan meledak saat mobil sedang digunakan.

“Karena efeknya cukup berbahaya, sebaiknya segera ganti ban saja. Retak-retak kan biasanya terjadi di ban yang sudah berusia 3 tahun sampai 4 tahun, jadi sudah sewajarnya ganti baru,” ujarnya.

tips membeli ban bekas untuk mobil, perhatikan kondisi fisik luar dalam pada bandrazenzigic/Freepik tips membeli ban bekas untuk mobil, perhatikan kondisi fisik luar dalam pada ban

Berikut ini kisaran daftar harga ban mobil pada Juli 2023, dirangkum dari berbagai sumber:

165 R13
Dunlop Van Radial Steel- Lt5 - Rp 639.000/Pcs

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com