Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkiraan Harga Ban Khusus Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Kompas.com - 04/06/2023, 10:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen ban asal Korea Selatan, Hankook, akan meluncurkan ban khusus untuk pemakaian mobil listrik Hankook Ion di Indonesia pada bulan Juli atau Agustus 2023.

Aprianto Yuono, National Sales Manager PT Hankook Tire Sales Indonesia, mengatakan, salah satu model ban yang dipastikan hadir ialah ban untuk mobil listrik Hundai Ioniq 5.

Baca juga: Penonton Formula E Jakarta 2023 Dinilai Kurang Disiplin

Ban mobil balap Gen3 Formula E, Hankook iONDok. Hankook Ban mobil balap Gen3 Formula E, Hankook iON

"(Ban) Ioniq 5 rentang harga kurang lebih Rp 3 juta-Rp 4 juta untuk satu unit ban. Karena memang ban itu kita impor, sebab secara logistik (pengiriman) cukup jauh," ujar Aprianto di Jakarta, saat perkenalan, Jumat (2/6/2023).

Aprianto mengatakan, ban Hankook Ion didatangkan langsung dari pabrik Hankook di Eropa tepatnya di Hongaria dan bukan dari pabrik di Korea Selatan.

"Karena memang kebutuhan mobil listrik sendiri banyak dipakai di negara-negara Eropa jadi kita lebih mendekatkan pabrik yang banyak menyasar untuk mobil-mobil listrik di sana," ujar dia.

Ban mobil listrik Hankook iONDok. Hankook Ban mobil listrik Hankook iON

"Karena kapasitas produksi dan distribusi lebih cepat untuk permintaan-permintaan pabrikan premium," kata Aprianto.

Baca juga: ABB Berkolaborasi Dengan PLN Sukseskan Gelaran Formula E

Aprianto mengatakan, ke depan pihaknya berencana untuk memproduksi sendiri ban mobil listrik di Indonesia. Namun hal tersebut menunggu populasi mobil listrik meningkat sehingga bisa menguntungkan secara bisnis.

"Ada rencana iya, tapi ke depannya kita masih belum tahu karena memang kita lihat kondisi secara populasi kencaraan listrik di Indonesia," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com