Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Rp 400.000 Sudah Bisa Bikin Mobil Jadi Ceper

Kompas.com - 30/05/2023, 18:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil ceper atau biasa disebut lowered suspension car merupakan satu modifikasi umum yang kerapkali dilakukan pemilik untuk memperkeren tampilan.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk modifikasi jenis ini cukup bervariasi dan perlu diingat, selain jasa, ada pula harga komponen yang harus dijadikan pertimbangan. Lantas berapa biaya untuk membuat mobil menjadi ceper?

Laksana Per, bengkel spesialis shockbreaker dan per mobil yang berlokasi di Serpong, Kota Tangerang Selatan ini menawarkan lowering kit alias paket mobil ceper murah dengan banderol terjangkau, yaitu mulai Rp 400.000.

Baca juga: Berapa Harga Suzuki XL7 Hybrid?

Bengkel spesialis per dan shockbreaker mobil, Laksana Per. Ada paket lowering kit murah yang bikin mobil ceper di siniKompas.com/Daafa Alhaqqy Bengkel spesialis per dan shockbreaker mobil, Laksana Per. Ada paket lowering kit murah yang bikin mobil ceper di sini

“Tergantung jenis mobilnya, cuma untuk biaya terendah kami patok mulai dari Rp 400.000, ini sudah terima jadi,” kata Wawan Gunawan, salah satu pemilik bengkel Laksana Per kepada Kompas.com, Selasa (30/5/2023).

Dengan biaya itu, konsumen punya kebebasan untuk melakukan request soal seberapa ceper modifikasi yang akan dilakukan.

Nantinya, Wawan akan bantu menyampaikan plus minus dan saran tambahan. Jika konsumen setuju, proses modifikasi bisa dilakukan dan keempat per akan dipotong sesuai pesanan.

“Cepernya bisa diatur tergantung kemauan konsumen, ada yang minta ukuran 5 jari, 2 jari, bahkan loss (habis). Tergantung jenis mobilnya apa, nanti saya akan bantu jelaskan teknisnya bagaimana,” kata Pria asal Tasikmalaya itu.

Baca juga: Toyota Mirai Sport Concept, Lebih Sporty

Per mobil aftermarket (kiri) dan orisinil (kanan)Kompas.com/Daafa Alhaqqy Per mobil aftermarket (kiri) dan orisinil (kanan)

Wawan menambahkan, bagi konsumen yang merasa sayang jika per orisinil bawaan dipotong, dia akan menawarkan paket lowering kit lain yang bisa dipertimbangkan, yakni memberikan 2 pasang per baru.

Harga lowering kit ini juga cukup terjangkau, yakni Rp 1,7 juta bersih, artinya konsumen langsung menerima barang jadi tanpa biaya-biaya tambahan lainnya.

“Kalau pakai paket yang kedua, rasanya lebih enak karena per bawaan masih ada. Semisal mobil mau dikembalikan ke setelan awal, per asli cukup dipasang kembali,” ucap dia.

Dia mengatakan, sistem bongkar-pasang per macam ini sejatinya cukup sering dilakukan beberapa langganannya.

Baca juga: Banyak Dicari, Harga Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Lawas Naik

Shockbreaker yang sudah divariasikan untuk mobil ceperKompas.com/Daafa Alhaqqy Shockbreaker yang sudah divariasikan untuk mobil ceper

Khususnya menjelang momen pulang kampung di mana dia menerima banyak pesanan untuk mengembalikan ketinggian mobil ke posisi awal.

“Biasanya langganan saya yang masih remaja, sehari-hari mereka pakai mobil ceper. Tapi menjelang lebaran, minta dikembalikan ke setingan awal pas mau mudik. Mungkin karena takut dimarahi orang tuanya di kampung,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com