Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Maling Motor Dibuat Frustrasi karena Kunci Ini

Kompas.com - 28/05/2023, 08:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penggunaan kunci ganda masih menjadi cara penting untuk menghindari motor dari insiden pencurian. Dengan penggunaan yang praktis dan harga yang terjangkau, kunci ganda wajib dimiliki para pemilik.

Pentingnya penggunaan kunci ganda terekam dalam video yang dilansir dari akun TikTok @izulkarnain11 (27/5/2023).

Pada awal video, terlihat ada dua orang maling yang berusaha membawa kabur motor hasil tangkapan di sebuah perumahan.

Baca juga: Knalpot Mobil Diesel Keluar Asap Hitam Saat Ngebut, Apakah Normal?

@izulkarnain11 Pentingnya Kunci Ganda. harganya ga seberapa, bisa menyelamatkan motor kita! #motor ? original sound - iz

Satu orang gotong motor agak jauh dari rumahnya dengan cara diangkat ban depannya. Lalu kunci stangnya dipatahin, tapi pas mau dibawa ternyata ada kunci ganda di rem cakram depannya,” tulis pemilik akun dalam keterangan video.

Lantas, kedua maling itu tidak jadi mengambil motor. Motor bahkan ditinggal begitu saja di pinggir jalan.

Itulah pentingnya kunci ganda di motor kalian guys. Kunci ini bikin frustrasi maling motor. Cara pakainya gampang banget, tinggal satu tangan doang ceklik. Tapi bisa menyelamatkan motor kalian dari maling. Ini kokoh banget, buka kuncinya juga gampang banget,” lanjut keterangan video itu.

Baca juga: Sensasi Fitur AYC Xpander Cross yang Bikin Pede Bermanuver

Seperti diketahui, sejumlah cara dilakukan para pemilik sepeda motor untuk mencegah curanmor (pencurian kendaraan bermotor). Sebab, meninggalkan motor dalam keadaan terkunci saja tidak cukup.

Motor keluaran baru bahkan telah dilengkapi anti theft alarm maupun kunci dengan magnet pengaman untuk mencegah pencurian.

Salah satu trik yang cukup populer di kalangan pengendara roda dua, yaitu dengan mengunci setang ke arah kanan. Namun cara ini rupanya tidak selamanya benar.

Baca juga: Hati-hati Ada Modus Baru, Penipuan yang Incar Pria di Parkiran Mal

Ilustrasi curanmorSHUTTERSTOCK/chalermphon_tiam Ilustrasi curanmor

“Katanya kalau ke kanan lebih menyulitkan maling, sebenarnya belum terbukti,” ujar Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, kepada Kompas.com belum lama ini.

Rendra mengatakan, pengaruh mengunci setang motor ke arah kanan lebih ke ruang gerak maling yang menjad lebih sempit. Ia pun mengingatkan agar pemilik motor selalu menyiapkan kunci ganda sebagai pengaman tambahan.

“Mungkin kalau dari sisi teknis karena dia menggunakan kunci T, yang otomatis membutuhkan ruang gerak. Kalau setang dia belok ke kanan, ruang geraknya menjadi sempit,” ucap Rendra.

“Jadi tangkai kunci leter T akan nyangkut ke setang, memutarnya lebih susah. Kalau setang belok ke kiri, ruang main lebih bebas,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com