Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Jangan Sampai Kena Tipu Oknum Sales Motor yang Nakal | Modus Lama Begal Motor di Depok, Pelaku Pura-pura Bertanya

Kompas.com - 26/05/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus korban penipuan saat pembelian motor kerap terjadi di diler. Modus yang biasa dilakukan adalah, pembeli diminta transfer sejumlah uang tapi motor tidak kunjung datang. Penipuan ini dilakukan oleh oknum sales.

Artinya, uang yang sudah ditransfer tidak diberikan ke diler untuk dilanjutkan pemesanannya, tetapi dipakai untuk kebutuhan pribadi sales tadi.

Presiden Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti mengatakan, masyarakat yang membeli motor harus hati-hati, jangan sembarangan transfer atau memberikan sejumlah uang saat pembelian motor.

Selain itu, pengendara sepeda motor rawan menjadi korban kejahatan di jalan raya seperti begal dan jambret. Terutama di jalan yang sepi atau minim penerangan jalan.

Seperti kejadian yang menimpa seorang pria bernama Raditya Cahyo, di wilayah Cinere, Depok, Jawa Barat, Minggu (21/5/2023) malam.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 25 Mei 2023 :

 Baca juga: Kejadian Lagi, Kecelakaan Truk di Muara Rapak Diduga Rem Blong

1. Jangan Sampai Kena Tipu Oknum Sales Motor yang Nakal

Variasi Yamaha NMax dengan body kit bertema predator di diler Yamaha PT STSJ. Variasi Yamaha NMax dengan body kit bertema predator di diler Yamaha PT STSJ.

"Bila konsumen resmi membayar ke rekening diler dan menerima kuitansi resmi dari diler, maka kami (Yamaha) pastikan diler pasti bertanggung jawab," ucap pria yang akrab disapa Dyon kepada Kompas.com, Rabu (24/5/2023).

Jadi artinya, kalau saat melakukan pembelian motor dan diminta transfer ke rekening selain milik diler, bisa dipastikan itu adalah penipuan. Kalau telanjur transfer, itu sudah masuk penggelapan oleh oknum.

"Bayar ke siapa saja harus ada tanda terima resmi atau kuitansi dari nama diler, maka diler wajib bertanggung jawab," ucap Dyon.

Baca juga: Jangan Sampai Kena Tipu Oknum Sales Motor yang Nakal

2. Modus Lama Begal Motor di Depok, Pelaku Pura-pura Bertanya

Ilustrasi naik motor malam hariIDNtimes Ilustrasi naik motor malam hari

Dalam narasi akun Instagram @depokhariini, Rabu (24/5/2023), dijelaskan kronologi bermula saat Raditya melintasi Jalan Bukit Cinere Raya untuk menuju kediamannya.

Pada saat itu pria 17 tahun tersebut dipepet oleh seorang pelaku yang mengendarai sepeda motor Honda Beat berwarna hitam.

Baca juga: Modus Lama Begal Motor di Depok, Pelaku Pura-pura Bertanya

3. Ada Motor Listrik China Mirip Ninja H2R di INAPA 2023, Full Serat Karbon

WJet H400-M, Motor listrik sport asal China yang mirip Kawasaki Ninja H2RKOMPAS.com/daafa WJet H400-M, Motor listrik sport asal China yang mirip Kawasaki Ninja H2R

Ajang International Trade Show for Automotive Industry (INAPA 2023) yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, menghadirkan banyak pelaku industri otomotif dari seluruh dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com