Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pengendara Motor Terjun ke Laut Saat Hendak Masuk Kapal

Kompas.com - 29/04/2023, 11:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan sepeda motor jatuh ke laut saat akan masuk ke dalam kapal. Rekaman tersebut diunggah oleh salah satu akun media sosial Instagram bernama @cetul_22.

Diketahui kejadian tersebut terjadi di Pelabuhan Roro ASDP Tanjunguban, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (28/4/2023).

Dalam tayangan itu terlihat sepeda motor yang ditumpangi empat orang penumpang hendak masuk ke dalam kapal. Namun, diduga karena pengendara hilang kendali, tiba-tiba kendaraan belok ke kiri dengan cepat, hingga sepeda motor beserta pengendara dan penumpangnya jatuh ke laut.

Baca juga: Persiapan Arus Balik Lebaran, Pengemudi Wajib Perhatikan Tekanan Ban

Beruntung, empat orang korban dan kendaraan berhasil dievakuasi dengan selamat.

“Alhamdulillah keempat korban dan sepeda motor yang ditumpangi berhasil dievakuasi,” ucap General Manager ASDP Batam, Marsidik, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (29/4/2023).

Sementara itu, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, jika berkaca dari video tersebut, pengendara motor dinilai kurang mahir dalam mengoperasikan kendaraannya. Sehingga, saat motor mengalami guncangan pengendara tersebut hilang keseimbangan dan malah naik gas ke arah yang salah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cetul_22 (@cetul_22)

Agus pun memberikan beberapa tips bagi pengendara motor yang hendak menyeberang ke dalam kapal agar kejadian seperti ini tidak terulang.

“Pertama, pastikan kondisi kapal harus dalam keadaan stabil, tidak dalam guncangan ombak besar sehingga mudah untuk dinaiki. Kedua, jangan panik saat kapal goyang karena adanya ombak, tapi tetap jaga keseimbangan dan fokus jika diperlukan turunkan kaki agar motor tidak terjatuh,” ucap Agus saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (29/4/2023).

Baca juga: Persiapan Arus Balik Lebaran, Pengemudi Wajib Perhatikan Tekanan Ban

Selanjutnya, pastikan rute yang dilalui aman agar sepeda motor bisa masuk dengan lancar ke dalam kapal.

“Terakhir, apabila memang belum pernah dan takut untuk naik ke atas kapal, sebaiknya meminta bantuan orang lain atau petugas kapal untuk dapat menaikkan motor kita ke atas kapal,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com