Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Disepelekan, Ingat Bahaya Asal Pasang Karpet Mobil

Kompas.com - 21/04/2023, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Karpet mobil kerap menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lantaran pemasangan yang tidak tepat.

Meski tak begitu berhubungan dengan hal teknis, namun letak karpet sendiri berada berdampingan dengan sektor pengendalian, seperti pedal gas, pedal rem, dan kopling yang dapat mengganggu kinerja dari ketiganya.

Lantas, seperti apa pemasangan karpet mobil yang benar?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan pemasangan karpet yang tidak benar dapat menyebabkan karpet lantai pengemudi menjadi slip, memungkinkan mengganggu kinerja pedal ketika mobil sedang dikendarai.

Baca juga: Waspada Petaka Bawa Barang Bawaan di Atap Mobil

Menginjak pedal gas pada mobilZulfana K. Rijal Menginjak pedal gas pada mobil

“Tanpa sengaja kendaraan dapat melaju dengan kecepatan tinggi atau kemungkinan
akan menyebabkan kendaraan sulit untuk dihentikan, yang dapat mengakibatkan kecelakaan serius,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (21/4/2023).

Menurut Ibrohim, ada yang perlu diperhatikan ketika memasang karpet lantai pengemudi demi menjamin keselamatan pengendara.

Paling utama jangan menggunakan karpet lantai yang dirancang untuk model atau tahun pembuatan kendaraan yang berbeda.

Karena meski asli, selalu gunakan karpet lantai yang dirancang khusus untuk tempat duduk pengemudi atau sesuai dengan ukuran.

Baca juga: Daihatsu Siapkan 65 Bengkel dan 11 Pos Siaga Selama Mudik Lebaran 2023

Menurut Ibrohim, karpet mobil biasanya memiliki bentuk yang berbeda-beda, sehingga ketika tidak presisi dapat mengganggu kinerja pedal.

Ilustrasi membersihkan karpet mobilZulfana K. Rijal Ilustrasi membersihkan karpet mobil

“Selalu pasang karpet lantai dengan aman menggunakan kait penahan atau klip yang sudah disediakan, jangan meletakkan di atas karpet yang sudah ada dan jangan dengan posisi terbalik untuk mencegah bergeser,” ucap Ibrohim.

Ibrohim mengatakan, karpet yang bergeser dapat menyebabkan pedal gas tertahan pada posisi menekan secara terus menerus, akibatnya mobil menjadi tidak terkendali dan berpeluang terjadi kecelakaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com