Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simulasi Mudik Mitsubishi Xpander, BBM Penuh Bisa Melaju sampai Mana?

Kompas.com - 12/04/2023, 06:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, melakukan mudik dengan mobil pribadi bisa jadi pilihan yang tepat. Salah satu jenis kendaraan yang bisa digunakan adalah LMPV, seperti Mitsubishi Xpander.

Kehadiran Xpander di kelas yang ramai ini bisa dibilang menjadi pendobrak standar kendaraan. Setelah rilis dengan berbagai fitur yang unggul, para pesaingnya pun mulai berbenah, menawarkan fitur yang menarik.

Pada bahasan kali ini, Redaksi Kompas Otomotif akan menghitung seberapa jauh Xpander bisa melaju jika diisi BBM penuh atau full tank dalam sekali jalan. Mitsubishi Xpander secara spesifikasi punya kapasitas tangki BBM yang cukup besar, yakni 45 liter.

Baca juga: Mudik Pakai Xpander Cross, Isi Full Tank Bisa Sampai Mana?

Mitsubishi New Xpander di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023Dok. MMKSI Mitsubishi New Xpander di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023

Untuk mendapatkan hasil seberapa jauh Xpander bisa melaju, kapasitas tadi kami kalikan dengan konsumsi BBM. Hasil konsumsi ini berdasarkan pengetesan yang sudah kami lakukan di rute jalan yang beragam.

Pada pengetesan saat itu, Xpander tipe Ultimate terbaru yang tidak memiliki fitur idling start-stop mencatatkan konsumsi BBM 15,9 Km per liter. Artinya, satu liter BBM bisa membuat Xpander jalan sejauh 15,9 Km.

Jadi kalau dikalikan dengan kapasitas tangki BBM Xpander yang 45 liter, maka hasilnya adalah 715,5 Km. Tapi perlu diperhatikan, angka konsumsi BBM (15,9 Km per liter) sangat mudah berubah, tergantung kondisi.

Baca juga: Andalkan Aplikasi Peta, Kijang Innova Nyasar Hingga Teperosok


Jika berkaca ke kebiasaan pemudik, mobil diisi penuh dengan penumpang dan barang. Artinya bobot kendaraan jadi lebih berat, yang berakibat konsumsi BBM bisa lebih boros dari hasil pengetesan kami.

Apalagi saat mudik, ada saja kondisi jalanan yang macet, bahkan di tol sekalipun. Jadi konsumsi BBM yang kami tes hasilnya bisa lebih rendah lagi, perkiraan di angka 12 Km per liter sampai 14 Km per liter.

Kalau dihitung dengan angka perkiraan tadi, maka jarak tempuh dari Xpander ini bisa di rentang 540 Km sampai 630 Km. Jadi perhatikan titik-titik tempat berhenti yang ada SPBU-nya untuk mengisi ulang tangki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com