Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Ini jika Terpaksa Mudik Pakai Motor

Kompas.com - 10/04/2023, 19:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan mudik ke kampung halaman jelang Lebaran bisa ditempuh dengan berbagai cara. Pilihannya, menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi.

Hanya saja, mudik pakai sepeda motor tidak direkomendasikan karena desain kendaraan ini tidak untuk perjalanan jarak jauh. Sehingga, sebaiknya mudik tidak menggunakan motor.

Hanya saja, sampai saat ini belum ada larangan bila masyarakat hendak mudik menggunakan motor. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang terpaksa mudik pakai motor.

Baca juga: Mudik Gratis BTN Dibuka Mulai Hari Ini, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Ilustrasi mudik.SHUTTERSTOCK/GANDI PURWANDI Ilustrasi mudik.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan mudik menggunakan motor boleh karena memang lebih efektif dan efisien, tapi pahami risiko dan bahayanya.

“Mohon dipahami, tidak semua sepeda motor didesain untuk perjalanan jarak jauh, seperti motor matik, desainnya tidak untuk jarak jauh kecuali harus istirahat setiap 2 jam berkendara,” ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (9/4/2023).

Dia mengatakan selama berkendara, wajib menggunakan gear set yang sesuai demi mengurangi risiko kepada pengendara.

Baca juga: Masih Ada Kuota, Simak Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub dengan Kereta Api dan Kapal Laut

Mudik gratis sepeda motor dengan kapal lautDOK. KEMENHUB Mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut

“Pakai gear set yang sesuai dan nyaman, seperti helm, sarung tangan, sepatu, jaket dan lainnya, ini wajib digunakan demi keamanan pengendara,” ucap Sony.

Selanjutnya, Sony mengatakan penting untuk memilih rute agar terhindar macet. Saat pemilihan rute juga penting memperhatikan rest area yang sudah disediakan.

“Pastikan memilih rute yang bebas macet, dan perhatikan rest area yang disediakan oleh pabrikan, karena istirahat bagi pengendara itu penting,” ucap Sony.

Baca juga: Kementerian BUMN Siapkan Mudik Gratis, Total Kuota 65.603 Orang

Rasyid (23) mahasiswa Itera yang mudik ke Bogor, Jumat (23/12/2022). Rasyid memilih berangkat siang hari untuk menghindari cuaca buruk.KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA Rasyid (23) mahasiswa Itera yang mudik ke Bogor, Jumat (23/12/2022). Rasyid memilih berangkat siang hari untuk menghindari cuaca buruk.

Dia juga menyinggung untuk tidak membawa muatan berlebih selama berkendara menggunakan motor guna menghindari risiko terjadinya kecelakaan.

“Bawa barang-barang seperlunya, tidak berlebihan karena muatan yang berlebih akan menghambat dan membahayakan, dan maksimal motor dinaiki oleh 2 orang saja,” ucap Sony.

Sehingga, pikirkan kembali bila hendak mudik menggunakan sepeda motor, pastikan aman untuk diri sendiri, anggota keluarga dan pengguna jalan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com