Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Satelit Ducati Kuasai Podium MotoGP Argentina 2023

Kompas.com - 03/04/2023, 03:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Podium MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo berhasil dikuasai oleh tim satelit Ducati. Tim satelit ini tampil kompetitif pada balapan yang berlangsung dalam kondisi wet race.

Pebalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, berhasil menjadi pemenangnya. Johann Zarco dari Prima Pramac Racing Team, finis di posisi kedua. Sedangkan posisi ketiga, diraih oleh Alex Marquez, pebalap Gresini Racing Team, yang sebelumnya meraih pole position.

Baca juga: Hasil MotoGP Argentina 2023, Bezzecchi Juara, Bagnaia Bencana

Terlepas dari kondisi trek yang basah, tim satelit Ducati memang sudah terlihat kompetitif sejak musim lalu. Prima Pramac Racing, Gresini Racing, dan Mooney VR46 Racing, tak jarang mengisi barisan depan.

Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023Dok. @marcobez72 Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023

Bahkan, beberapa kali tim satelit Ducati ini menghiasi podium. Kali ini, bukan hanya naik podium kedua dan ketiga, tapi juga podium pertama alias memenangkan balapan.

Jika dilihat dari segi persaingan, kehadiran tim satelit bisa menjadi ancaman bagi tim pabrikan. Tapi, dari segi pengembangan, hadirnya tim satelit juga bisa sangat membantu pabrikan itu sendiri.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Argentina 2023, Bezzecchi Geser Bagnaia

Dengan adanya tim satelit, pabrikan bisa lebih banyak memiliki data tentang motor, mencari pebalap berbakat, dan mendapatkan eksposur untuk mendatangkan sponsor.

Johann Zarco saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. Terkini, Johann Zarco menjadi pebalap tercepat di FP2 MotoGP Thailand 2022 di Sirkuit Internasional Chang, Jumat (30/9/2022). Artikel ini menyajikan hasil FP2 MotoGP Australia 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)AFP/VLADIMIR SIMICEK Johann Zarco saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. Terkini, Johann Zarco menjadi pebalap tercepat di FP2 MotoGP Thailand 2022 di Sirkuit Internasional Chang, Jumat (30/9/2022). Artikel ini menyajikan hasil FP2 MotoGP Australia 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)

Sebelum Dorna Sports mengeluarkan regulasi yang mengharuskan setiap tim menggunakan ECU yang sama, hanya tim pabrikan yang mendominasi di barisan terdepan. Penyeragaman ECU dilakukan mulai musim 2016.

Sejak saat itu, tim satelit memiliki peluang lebih besar untuk bersaing di barisan terdepan, naik podium, atau bahkan memenangkan balapan. Bagi tim pabrikan, penyeragaman ECU merupakan suatu kemunduran.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao. Terkini, Alex Marquez (Gresini Racing) berhasil meraih pole position atau posisi terdepan usai menyelesaikan sesi kualifikasi MotoGP Argentina 2023.
Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao. Terkini, Alex Marquez (Gresini Racing) berhasil meraih pole position atau posisi terdepan usai menyelesaikan sesi kualifikasi MotoGP Argentina 2023.

Tapi, tujuan Dorna Sports membuat penyeragaman ECU adalah untuk membuat persaingan setiap tim merata, dan itu terbukti berhasil. Apalagi, jika tim satelit bisa sampai menjadi juara dunia MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com