Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Argentina 2023, Bezzecchi Juara, Bagnaia Bencana

Kompas.com - 03/04/2023, 00:48 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Argentina 2023 yang digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo berhasil dimenangkan oleh Marco Bezzecchi. Tim milik Valentino Rossi ini terlihat semakin bersinar musim ini.

Pebalap Mooney VR46 Ducati ini memulai balapan dari posisi kedua, dan mampu  merebut posisi terdepan dari Alex Marquez sejak awal balapan. Finis di posisi kedua ada Johann Zarco yang mampu menyodok di akhir lap, dan Marquez finis di podium ketiga.

Juara dunia Francesco Bagnaia mendapat bencana, setelah mengalami low side di lap 18 saat melintas di tikungan ke 13. Padahal, Bagnaia sedang menguasai posisi kedua, sebelum mengalami kecelakaan.

Jalannya Balapan

Alex Marquez yang memulai jalannya balapan dari pole position tidak bisa mempertahankan posisinya. Marco Bezzecchi yang start dari posisi kedua yang malah langsung memimpin sejak masuk tikungan pertama.

Alex masih bertahan di posisi kedua dengan Francesco Bagnaia tepat di belakangnya. Franco Morbidelli masih bertahan di posisi keempat.

 

Sementara itu, Fabio Quartararo yang ada di belakang terpaksa melebar di tikungan karena disalip oleh Takaaki Nakagami. Pebalap Yamaha ini merosot hingga urutan terakhir.

Lap kedua, tapi aksi salip menyalip sudah langsung terjadi antara Aleix Espargaro dan Johann Zarco. Keduanya memperebutkan posisi kelima.

Sementara itu, masuk lap ketiga, Bezzecchi unggul 0,5 detik dari Alex. Empat pebalap terdepan mulai memisahkan diri dari barisan, yakni Bezzecchi, Alex, Bagnaia, dan Morbidelli.

Jarak barisan terdepan hingga barisan kedua bahkan terpaut hingga 1,7 detik, antara Morbidelli dengan Zarco. Namun, Zarco terus mendapat tekanan dan akhirnya posisinya direbut oleh Di Giannantonio.

Pebalap Mooney VR46, Marco Bezzecchi, kala mentas di sesi kualifikasi MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, 1 April 2023. Marco Bezzecchi finis pertama dan menjadi pemenang balapan MotoGP Argentina 2023, Minggu (2/4/2023). (Photo by JUAN MABROMATA / AFP).AFP/JUAN MABROMATA Pebalap Mooney VR46, Marco Bezzecchi, kala mentas di sesi kualifikasi MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, 1 April 2023. Marco Bezzecchi finis pertama dan menjadi pemenang balapan MotoGP Argentina 2023, Minggu (2/4/2023). (Photo by JUAN MABROMATA / AFP).

Pebalap yang akrab disapa Diggia tersebut diikuti oleh Alex Rins di posisi keenam. Jack Miller juga berhasil melewati Zarco untuk posisi ketujuh.

Memasuki lap ketujuh, Bezzecchi terus menambah jarak dengan Alex hingga unggul 1,9 detik. Bezzecchi bahkan mencatatkan lap tercepat.

Posisi di barisan terdepan masih tetap sama, Bagnaia di posisi ketiga, diikuti Morbidelli di belakangnya. Morbidelli sendiri unggul 3,1 detik dari barisan di belakangnya yang dipimpin oleh Diggia.

Pada lap kesepuluh. Diggia terus mendapatkan tekanan dari Rins yang berada tepat di belakangnya. Lap berikutnya, Rins pun berhasil menyalip Diggia.

Memasuki lap keduabelas, Diggia merosot lagi satu posisi setelah disalip Zarco. Sementara itu, Martin masih terus dibayang-bayangi Miller yang menunggu celah untuk melancarkan manuver menyalip.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com