Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2023, 03:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menjaga kenyamanan selama mengemudi, kondisi kesehatan AC mobil harus diperhatikan. Suhu panas dan gerah akibat AC tidak sejuk tentu akan sangat menganggangu.

Ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan pengguna untuk memeriksa kesehatan AC mobil. Cara ini bisa dilakukan di rumah dan tidak perlu ke bengkel.

Hal pertama yang harus dipahami pengguna adalah suhu yang tidak dingin belum tentu pertanda kerusakan AC mobil.

“AC enggak dingin itu tidak melulu rusak ya, kadang dia cuma kehabisan freon saja. Kalau AC mobil rusak, biasanya ada keanehan pada beberapa komponen,” kata Nizar Muzaki, Teknisi Bengkel Spesialis AC Dokter Mobil kepada Kompas.com, Jumat (31/3/2023).

Baca juga: Kualitas Oli Menentukan Keawetan Transmisi Matik

Panel ACKompas.com/Erwin Setiawan Panel AC

Tanda pertama AC rusak adalah hembusan angin kecil dan tidak besar. Suhu mobil tetap sejuk dan terasa dingin, tapi hembusan anginnya terasa lemah.

“Biasanya ini karena blower AC sudah lemah dan enggak ngangkat, atau karena saluran AC bocor. Kendala ini cukup sering terjadi, tapi penanganannya mudah,” kata Zaki.

Kendala kedua yang bisa diperhatikan adalah kebalikan dari kendala pertama, yakni hembusan angin yang terlalu besar dan tidak bisa turun.

“Ini ada masalah di bagian otomatisnya. Kalau ada masalah ini, biasanya otomatis AC sudah rusak dan enggak bisa lancar mengatur hembusan angin,” ucap Zaki.

Baca juga: Beda Baterai Mobil Hybrid dengan Baterai Mobil Listrik

Kompresor AC yang terendam air bisa macet pada bagian magnetic clutchnyaKompas.com/Erwin Setiawan Kompresor AC yang terendam air bisa macet pada bagian magnetic clutchnya

Kendala terakhir, bunyi mendesing kencang saat AC mobil dinyalakan. Normalnya, AC mobil yang mati atau nyala tidak akan memunculkan bunyi apapun, sekalipun mobil dalam keadaan idle.

“Kalau sampai ada bunyi ngorok kencang, tandanya kompresor bermasalah. Biasanya karena kompresor lemah atau magnetic plug rusak ,” kata Zaki.

Penanganan untuk kerusakan-kerusakan yang disebutkan diatas adalah penggantian total, khususnya pada bagian kompresor.

“Servisnya sangat sulit karena mereka kan komponen khusus, apalagi kompresor. Jadi solusi paling benar adalah ganti total saja,” ucap Zaki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com