Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Produsen Motor Listrik Alva Belum Kebagian Insentif

Kompas.com - 31/03/2023, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerima insentif motor listrik bisa dibilang tidak sembarangan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di atas 40 persen.

Untuk diketahui, saat ini merek motor listrik yang mendapat insentif ialah Selis, Volta, Gesits, Smoot, Viar, Polytron, Rakata dan United. Sayangnya, Alva belum termasuk pabrikan yang menerima insentif tersebut.

Rahmat Septriawan, Direktur Utama PT Electra Mobilitas Indonesia (Alva) mengatakan, Alva tidak terpengaruh apakah ada insentif atau tidak, tetap fokus meningkatkan pangsa pasar.

Baca juga: BERITA FOTO: Tampilan Unik Hasil Kolaborasi Alva One

Alva OneKOMPAS.com/Gilang Alva One

"Kami walaupun ada atau enggak ada insentif akan terus berusaha meningkatkan pangsa kami untuk dukung program pemerintah," ucap Rahmat di Jakarta belum lama ini.

Walau begitu, dengan adanya insentif tersebut, Alva terus berusaha untuk meningkatkan TKDN dari produknya. Jadi nantinya tentu masyarakat yang diuntungkan kalau dapat insentif saat membeli motor.

"Dengan adanya insentif ini kita juga akan terus berusaha (meningkatkan TKDN) itu kan bagian kita memberikan benefit ke konsumen," kata Rahmat.

Baca juga: Mekanisme Pengisian Daya Baterai Innova Zenix Hybrid


Untuk saat ini, Rahmat mengatakan kalau Alva fokus industrialiasisi di Indonesia. Tujuannya adalah untuk mengendalikan rantai suplai dan secara progresif TKDN akan terus ditingkatkan.

"Kita sudah cukup dekat dengan strategi, pasar, segmen, dan juga strategi industrialisasi kita jarak panjang. jadi secara otomatis, TKDN juga akan ke arah sana (tinggi)," ucapnya.

Rahmat sendiri belum mau memberi informasi berapa TKDN dari Alva One. Tapi untuk kapasitas produksi saat ini, ada di angka 3.000 unit per bulan dan bisa ditingkatkan jadi 100.000 unit per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com