Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Siapkan Motor Cruiser Ringkas Pakai Mesin 350cc

Kompas.com - 31/03/2023, 17:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda tampak akan mempersiapkan produk baru dengan model bergaya klasik. Motor tersebut kabarnya bertipe cruiser tapi dengan mesin yang ringkas, 350cc saja.

Dikutip dari Autocar India, Honda mengumumkan akan memiliki motor aru dengan basis CB350 di akhir 2023. Platform tersebut dibuat untuk melawan motor Royal Enfield di kelas yang sama, 350cc.

Sudah ada dua produk Honda dengan basis tersebut, yakni H'ness CB350 yang melawan Royal Enfield Classic 350 dan CB350RS yang bergaya scrambler. Tampak nantinya, Honda akan membuat versi cruiser untuk melawan Meteor 350.

Baca juga: Giliran Repsol Honda yang Mengajukan Keberatan Soal Penalti Marquez

Honda CB350RS Foto: Motorbeam Honda CB350RS

Pasar motor cruiser memang niche, tapi dengan hadirnya Meteor 350, menyediakan motor ringkas yang lebih ekonomis. Bahkan Meteor 350 berkontribusi sebanyak 8.000 unit per bulan untuk penjualan total.

Harapannya, Honda juga bisa memakan kue tersebut yang saat ini cuma diisi dengan Meteor 350. Soal sasis, motor cruiser Honda ini tetap memakai bawaan, begitu juga mesin 348cc satu silinder berpendingin udara tetap digunakan.

Tapi tentu, bagian detail akan berubah, jadi mengarah ke model cruiser. Mungkin bisa diambil inspirasi dari Rebel 300 yang dijual di luar negeri.

Baca juga: Sirkuit Portimao Terancam Dicoret dari MotoGP Tahun Depan


Setelan suspensi kemungkinan akan diubah juga, mungkin lebih landai sehingga tinggi motor jadi lebih rendah. Selain itu juga model rantai dan giginya tentu bisa diubah, disesuaikan dengan tema cruiser.

Soal harga, kalau memang mau mengambil pasarnya Meteor 350, maka bisa dibanderol yang serupa. Jadi diperkirakan motor cruiser baru Honda ini bisa dijual antara 200.000 Rupee sampai 220.000 Rupee atau setara Rp 37 juta sampai Rp 40an juta.

Kabarnya, motor cruiser ini akan diluncurkan pada November 2023. Tapi bisa saja lebih cepat lagi, tergantung dengan kondisi di India.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com