Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2023, 19:51 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Performa Alex Marquez cukup menjanjikan pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao. Tapi, itu masih belum cukup dan baru bisa mengantarkannya finis lima besar.

Saat balapan, Alex berhasil memperbaiki posisi sepanjang 25 lap dengan start dari posisi ke-12. Dengan finis kelima, Alex pun berhasil mengantongi poin lagi untuk klasemen sementara.

Baca juga: Alex Marquez Raih Poin Pertama di Sprint Race Portugal

Pebalap Gresini Racing tersebut mengatakan, dia mencoba untuk tetap mempertahankan posisi empat, tapi masih belum cukup menutup di tikungan 14.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit PortimaoDok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao

"Tampil di balapan pertama ini masih belum ada keluhan, dan pastinya kita akan hadapi MotoGP Argentina dengan penuh kepercayaan diri. Saya akan mengerahkan 100 persen dan pastinya mengejar podium, hal yang belum terwujud sementara ini,” ujar Alex, dalam keterangan resminya.

Sedangkan rekan setimnya, Fabio Di Giannantonio, gagal menyelesaikan balapan. Pebalap yang akrab disapa Diggia ini mengalami kendala pada aerodinamika motornya.

Baca juga: Alex Marquez Kurang Setuju jika Marc Marquez Pindah ke Ducati

“Pastinya bukan balapan yang sesuai dengan harapan. Padahal kita tak lakukan start buruk di balapan, tapi saya kehilangan winglet depan saat masuk tikungan bersama pebalap lain,” kata Diggia.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit PortimaoDok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao

Diggia menambahkan, setelah beberapa lap bagian lengan tangan kanan tak bisa merespons sesuai yang diinginkan. Dia mengaku tak bisa mengoperasikan tuas rem dan harus memaksa mengakhiri balapan.

"Jadi, sekarang yang kita perlukan adalah bisa segera pulih dan dalam kondisi sehat untuk balapan di Argentina serta bisa kencang,” ujarnya.

Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI), Sri Adinegara, memuji performa dan semangat Alex dalam memperbaiki hasil balapan, dan berhasil finis di posisi kelima.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit PortimaoDok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao

“Alex Marquez menunjukkan talenta yang menjanjikan pada balapan MotoGP Portugal kemarin, tentunya tidak terlepas juga dari dukungan rekomendasi ahli tim mekanik yang mempersiapkan motor untuk balapan," ujar Sri Adinegara.

“Akhir pekan ini akan digelar MotoGP Argentina 2023 (2/4) di Sirkuit Termas de Rio Hondo, kami berharap Alex Marquez mampu kembali tampil maksimal dan mempersembahkan podium pertamanya bersama Tim Gresini Racing dan Federal Oil," katanya.

Dia juga berharap Diggia bisa segera pulih untuk bisa, sehingga bisa meraih hasil yang lebih baik lagi. Apalagi, jika keduanya bisa sama-sama menaiki podium.

Usai MotoGP Portugal 2023, Alex berada di peringkat keenam pada klasemen sementara dengan memiliki 12 poin. Sedangkan Diggia berada di peringkat ke-20 dan belum mengantongi poin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com