Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reklame Roboh di Bandung, Ingat Lagi Waspada Berkendara Saat Hujan

Kompas.com - 26/03/2023, 04:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang kerap terjadi secara tiba-tiba di sejumlah wilayah. Kondisi ini menimbulkan banyak kejadian yang tak terduga, seperti pohon atau papan reklame yang tumbang.

Hal tersebut tentu berbahaya, sebab bisa menimpa pengendara sepeda motor maupun mobil yang sedang melintas di jalan raya.

Seperti contoh kasus yang baru saja terjadi di tengah stopan Kiaracondong (Kircon) Bandung, Jawa Barat. Diketahui satu papan reklame berukuran jumbo tumbang diterjang angin hingga menimpa sejumlah pengendara sepeda motor dan mobil.

Baca juga: Tips Berkendara Motor Saat Lewati Jalan Penuh Lubang

“Kecelakaan reklame roboh ini terjadi tadi pukul 13.30 WIB. Terjadi hujan deras disertai angin kencang yang menyebabkan reklame ini roboh dan menimpa dua sepeda motor dan satu mobil,” ucap Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Eko Iskandar, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (25/3/2023).

Alhasil, insiden tersebut membuat pengendara mobil mengalami luka ringan. Sementara pengendara sepeda motor mengalami luka cukup berat.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, ada beberapa cara untuk menghindari risiko-risiko merugikan dari fenomena alam tersebut.

“Zaman sekarang sudah modern, kita bisa memantau kondisi dan cuaca dari smartphone. Bila memang situasinya dikabarkan akan ada hujan lebat dan potensi angin kencang, lebih baik tunda perjalanan tersebut. Ini kita bicara dari sisi safety, artinya lebih ke pencegahan,” ucap Jusri.

Jusri menambahkan, kondisi tersebut berlaku bagi pengguna motor dan mobil. Meski secara tingkat fatalitas lebih berpotensi ke pengendara motor.

Sebuah kendaraan minibus yang tengah melintas di ruas jalan raya Cugenang, Cianjur, Jawa Barat ringsek akibat tertimpa pohon jenis Mahoni yang tumbang ke jalan, Sabtu (21/12/2019) petangIstimewa Sebuah kendaraan minibus yang tengah melintas di ruas jalan raya Cugenang, Cianjur, Jawa Barat ringsek akibat tertimpa pohon jenis Mahoni yang tumbang ke jalan, Sabtu (21/12/2019) petang

“Tetapi, bukan berarti pengguna mobil juga terjamin keselamatannya. Apalagi bila berurusan dengan objek yang terjatuh dan tak terduga, bisa saja bukan hanya pohon, tetapi tiang listrik atau billboard yang terpasang di pinggir jalan,” kata Jusri.

Selain itu, pengendara mobil juga dituntut agar lebih fokus dan meningkatkan kewaspadaan dengan mengurangi kecepatan, ketika di tengah perjalanan mengalami hujan deras disertai angin kencang.

Baca juga: Kuota Mudik Gratis Masih Ada, Masyarakat Diimbau Tak Gunakan Motor

Justri juga mengingatkan, bahwa mewaspadai bahaya dari atas sebenarnya bukan hanya saat musim hujan saja, tetapi setiap hari.

“Maka dari itu pengendara dituntut untuk selalu berhati-hati saat akan atau sedang berkendara,” ujar Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com