Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2023, 22:29 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Sprint race pada seri perdana berhasil dimenangkan oleh Francesco Bagnaia. Pebalap tim pabrikan Ducati ini memang sebelumnya juga difavoritkan untuk menjadi pemenang.

Selepas start, Marc Marquez yang start dari pole position berhasil memimpin balapan pada tikungan pertama. Namun, tetap ditempel ketat oleh Francesco Bagnaia di belakangnya.

Tidak butuh waktu lama, Bagnaia berhasil merebut posisi terdepan saat memasuki lap kedua. Sementara Marquez, mundur ke posisi ketiga karena Jorge Martin ikut menyalipnya.

Baca juga: Live MotoGP Portugal: Bastianini Keluar Sprint Race

Pada lap kedua, terjadi kontak antara Enea Bastianini dengan Luca Marini hingga keduanya terjatuh. Bendera kuning pun terpaksa dikibarkan.

Pebalap Pramac Racing Jorge Martin beraksi pada MotoGP Thailand 2022 di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Jumat (30/9/2022). Terkini, Martin bakal berlaga pada MotoGP Malaysia 2022 pada Minggu (23/10/2022).AFP/MANAN VATSYAYANA Pebalap Pramac Racing Jorge Martin beraksi pada MotoGP Thailand 2022 di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Jumat (30/9/2022). Terkini, Martin bakal berlaga pada MotoGP Malaysia 2022 pada Minggu (23/10/2022).

Marini kehilangan grip ban depan saat masuk tikungan ke kiri. Dia pun menyapu motor Bastianini hingga keduanya keluar trek.

Sementara itu, posisi lima besar masih diisi oleh Bagnaia, Martin, Marc, Jack Miller, dan Miguel Oliveira.

Pada lap keempat, Marco Bezzecchi juga terjatuh karena kehilangan grip. Seri perdana ini bukan awal yang baik untuk Mooney VR46 dengan kedua pebalapnya terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal 2023, Marc Marquez Pole Position

Pada barisan depan, Marc semakin terpisah dari Bagnaia dan Martin. Miller justru semakin mendekati posisi Marc. Tak lama kemudian, Marc merosot langsung dua posisi setelah disalip oleh Miller dan Oliveira.

Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022Dok. HRC Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022

Miller masuk ke dalam posisi podium dengan berada di posisi ketiga. Jaraknya dengan Martin dan Bagnaia juga tidak jauh pada lap keenam.

Sementara itu, Martin sudah berhasil menyalip Bagnaia. Posisi Bagnaia terus merosot hingga dilewati juga oleh Miller.

Pada lap ketujuh, Miller akhirnya memimpin jalannya balapan. Dia merebut posisi terdepan ketika Martin melebar saat masuk tikungan.

Jack Miller saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit PortimaoDok. KTM Jack Miller saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao

Tapi, Martin berhasil merebutnya kembali saat di trek lurus dengan memanfaatkan tenaga Ducati yang besar. Ditambah lagi, Martin didukung dengan postur tubuhnya yang kecil sehingga lebih ringan.

Miller terus mengikuti Martin dengan ketat. Saat di trek lurus, KTM tetap tak sanggup mengimbangi kecepatan Ducati. Martin pun berhasil mempertahankan posisi terdepan.

Masuk lap kesepuluh, Bagnaia berhasil menyalip Miller dengan slipstream di trek lurus. Sementara itu, di belakangnya, terjadi persaingan yang ketat antara sesama pebalap Aprilia, yakni Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

Saat di lap kesebelas, Marc dengan piawainya langsung melewati dua rivalnya sekaligus, yakni Miller dan Oliveira. Dia pun menempati posisi podium.

Pada lap terakhir, Martin terus didesak oleh Bagnaia. Juara dunia MotoGP 2022 tersebut berhasil menyalip Martin hingga melewati garis finis.

Berikut hasil lengkapnya :

1. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)
2. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)
3. Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
4. Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
5. Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
6. Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
7. Miguel Oliveira POR RNF Aprilia (RS-GP22)
8. Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)
9. Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22)
10. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
11. Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)
12. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
13. Alex Rins SPA LCR Honda (RC213V)
14. Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
15. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
16. Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)
Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP23)
Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com