Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MPV Bekas Dibillang Masih Jadi Model Terlaris untuk Mudik

Kompas.com - 24/03/2023, 07:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang mudik Lebaran 2023, biasanya tren penjualan mobil bekas meningkat. Banyak masyarakat yang memilih mudik menggunakan mobil pribadi, apalagi sudah tidak ada aturan pembatasan perjalanan.

Mudik Lebaran biasanya dilakukan bersama keluarga menuju kampung halaman. Untuk itu, dibutuhkan mobil yang bisa menampung cukup banyak orang. Belum lagi ditambah dengan barang-barang bawaan.

Baca juga: Harga MPV Bekas per Februari 2023 mulai Rp 55 Jutaan

Presiden Direktur PT Astra Digital Mobil (mobbi) Naga Sujady mengatakan, salah satu model mobil yang aman dan nyaman untuk digunakan bersama keluarga besar, dengan jumlah lebih dari enam orang adalah mobil Multi Purpose Vehicle (MPV).

Komparasi All New Avanza TSS dan Xenia ASAKOMPAS.com/STANLY RAVEL Komparasi All New Avanza TSS dan Xenia ASA

"Mobil MPV masih menjadi unggulan, karena memiliki kapasitas muat orang yang banyak, serta bagasi yang mumpuni untuk mengangkut berbagai keperluan keluarga," ujar Naga, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Naga menambahkan, dibandingkan dengan penjualan model lainnya, persentase penjualan mobil MPV bekas di mobbi bisa mencapai 45 persen.

Baca juga: MPV Bekas Rp 50 Jutaan, dari Kijang hingga Grand Livina

Salah satu model yang terlaris adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Mobil ini sudah jadi andalan keluarga Indonesia sejak pertama kali diluncurkan pada 2003. All New Avanza dan All New Xenia yang meluncur pada 2021 saat ini sudah cukup banyak di pasar mobil bekas.

Daihatsu All New XeniaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Daihatsu All New Xenia

Berdasarkan pantauan redaksi dari beberapa situs jual beli online, harga bekas All New Avanza ada di kisaran Rp 215 juta hingga Rp 260 juta. Sedangkan All New Xenia, berkisar Rp 170 juta hingga Rp 220 juta.

Tentunya, harga tersebut tergantung dari tipe dan tahun pembuatannya. Selain itu, harga termurah biasanya menggunakan sistem transmisi manual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com