Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Macet, Korlantas Mulai Siapkan Jalur Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 02/03/2023, 16:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi memprediksi akan terjadi peningkatan volume kendaraan pada periode libur Lebaran atau mudik tahun ini.

Hal tersebut, seiring dengan dicabutnya kebijakan pembatasan mobilitas seperti di tahun-tahun sebelumnya, melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kalau dilihat sudah lepas dari PPKM kemudian melihat animo tahun lalu, maka akan ada peningkatan,” kata Firman dilansir KorlantasPolri, Rabu (1/3/2023).

Baca juga: Update Harga MPV Murah per Maret 2023, Xpander Naik Tipis

Ilustrasi mudik naik motorKOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Ilustrasi mudik naik motor

Oleh sebab itu, pihak Korlantas Polri mulai menyiapkan dan mematangkan sejumlah jalan yang diprediksi akan menjadi pilihan masyarakat sebagai lajur selama periode mudik Lebaran 2023 nanti.

Menurut prediksi awal, jalan tol akan tetap menjadi jalur utama. Kemudian untuk jalur arteri alias non-tol, Pantura, jalur tengah bahkan sampai Pansela (Pantai Selatan) jadi salah satu perhatian.

“Sehingga tidak bertemu pada satu titik puncak pada satu hari yang sama dan menghindari kemacetan yang ada,” ucap Firman.

Dalam kesempatan itu ia pun mengimbau kepada masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik agar tetap dalam kondisi prima baik manusia hingga kendaraannya.

Baca juga: IIMS 2023 Jadi Barometer Pameran Otomotif Indonesia

Jalur PanselaKEMENHUB Jalur Pansela

Pasalnya, kondisi cuaca juga mesti diperhatikan bagi keselamatan pengendara selama di perjalanan nantinya.

“Inilah yang saya katakan bahwa berlalulintas punya hak dan kewajiban dan toleransi yang tinggi di situ. Nah kita berharap masyarakat mengikuti apa yang disampaikan oleh petugas hingga kerjasama ini bisa terjalin dengan baik dan bisa selamat sampai tujuan,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com