Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Diperas Saat Sewa Mobil Lepas Kunci, Cek dengan Teliti Bodi Mobil

Kompas.com - 02/03/2023, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyewa mobil merupakan hal biasa terutama jika sedang berada di luar kota. Sewa mobil di rental ada dua skema, pertama yaitu pakai sopir dan kedua lepas tidak memakai sopir.

Tak sedikit penyewa yang memilih memakai sistem "lepas kunci" karena privasi lebih terjaga. Meski demikian calon penyewa mesti lebih hati-hati mengecek kondisi mobil sebelum kunci diserahkan oleh pihak rental.

Baca juga: Kredit Calya-Sigra di Jawa Tengah, Cicilan mulai Rp 2 Jutaan

Seperti video yang diunggah akun TikTok Monica Eveline yang mengatakan calon konsumen mesti jeli saat akan menyewa mobil di Bali.

@monica.eveline Cuman sharing aja, supaya ga kejadian hal serupa di kamu #sewamobilbali #sewamobil #mobil #sewamobilmurahbali #sewa #bali ? Dunia Tipu-Tipu - Yura Yunita

 

"Biasanya di awal waktu mau serah terima pasti pihak penyewa bakal kasih tahu di mana letak baret atau penyok di mobil yang kita sewa. Nah saat itu jangan langsung iya-iya saja tapi cek lagi bener apa engga," kata dia dalam video dikutip Kamis, (2/3/2023).

"Karena waktu itu aku pernah dapet mobil penyok di bagian pintu dekat jendela dan tidak mausk daftar list kerusakan. Untung banget aku cek jadi aku langsung kasih tahu dan di list penyok atau rusaknya langsung ditambahin," kata dia.

Menanggapi hal tersebut, Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, memang benar calon konsumen mesti teliti saat akan menyewa mobil agar tidak dirugikan saat pengembalian.

"Pertama-tama yang perlu diperhatikan adalah perjanjian sewa menyewa tersebut, pastikan semuanya tertuang secara tertulis," kata Roslianna kepada Kompas.com, Kamis, (2/3/2023).

Baca juga: Polisi Akan Berikan Surat Peringatan Sebelum Hapus Data di STNK

Bisnis rental mobil di Eropa dari Pacific GroupDOK. PACIFIC GROUP Bisnis rental mobil di Eropa dari Pacific Group

Roslianna menekankan, pastikan sebelum serah terima kunci mobil wajib secara bersama-sama antara penyewa dan pihak rental dengan seksama memperhatikan semua atau sekeliling bodi mobil.

"Apabila ditemukan bagian-bagian mobil yang cacat (baret, penyok, dan lainnya) sama-sama saling membuat catatan secara tertulis dan di dokumentasikan, dengan demikian semuanya secara terang dan jelas," kata dia.

Apabila di kemudian hari pada saat pengembalian kendaraan ditemukan cacat yang baru maka hal tersebut baru bisa menjadi tanggung jawab penyewa.

"Dengan adanya tindakan tersebut, sudah dapat dipastikan baik pihak penyewa atau pihak rental tidak ada yang dirugikan," kata Roslianna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com