Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaji Rp 5 Juta Disebut Kurang, Berapa Gaji Ideal Kredit Mobil Baru?

Kompas.com - 28/02/2023, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di media sosial mengenai sales mobil yang memperingatkan calon konsumen mengenai besaran gaji saat memutuskan untuk membeli mobil dengan cara kredit.

Dalam video yang diunggah akun TikTok salesrodaempat, seorang yang ditengarai sebagai sales mobil menyebut jangan mengambil kredit Honda Brio dengan uang muka (DP) Rp 15 juta kalau gaji masih Rp 5 juta ke bawah.

Baca juga: Sales Mobil Sebut Gaji Rp 5 Juta Jangan Beli Mobil, Mending Beli Honda Beat

"Gua mau minta maaf dulu nih sebelumnya ya. Jadi buat temen-teman yang gajinya masih 3, 4, atau 5000000, terus mau ambil dp brio dengan dp 15 jutaan, minta tolong, tolong kesadaran dirinya. Nanti kalau dipaksain lu pasti babak belur bener," kata video tersebut dilansir Selasa (28/2/2023).

@salesrodaempat #part16 sakit tapi emg bener, dari pada nanti buat susah diri sendiri???? #keresehan #dramasales #dramakonsumen #fyp? #explore #kredit ? suara asli - Baladasalesmobil

 

Perencanaan Keuangan dari OneShildt Financial Planning, Budi Raharjo, mengatakan, membeli mobil memang perlu perencanaan yang tepat. Sebab membeli mobil akan menambah pengeluaran.

Belum lagi pemilik mobil nantinya harus mengeluarkan biaya harian pemakaian dan pemeliharaan seperti servis bulanan dan penggantian suku cadang.

Untuk itu perlu rencana tepat sebelum memutuskan membeli mobil dengan cara menyicil.

Budi mengatakan idealnya jika digunakan untuk pribadi maka maksimal cicilan adalah 36 kali atau sekitar 3 tahun. Kemudian besaran cicilan maksimal ialah 35 persen dari gaji atau pemasukan bulanan.

Baca juga: LCGC Masih Jadi Kontributor Terbesar, Sigra dan Brio Pimpin Pasar

Simulasi kredit mobil listrik Wuling Air evDok. Wuling Simulasi kredit mobil listrik Wuling Air ev

Berdasarkan patokan yang dipaparkan oleh Budi, maka calon konsumen sebetulnya bisa menghitung berapa gaji minimal ideal sebelum membeli mobil baru dengan cara kredit.

Contoh ingin membeli Toyota Avanza yang merupakan mobil low multi purpose vehicle atau LMPV sejuta umat.

Tipe yang diambil ialah varian termurah Toyota Avanza 13 E Manual harga Rp 233 juta on the road (OTR) Jabodetabek.

Jika mengambil DP paling murah, cicilan berdasarkan ilustrasi adalah Rp 7,41 juta dan dengan nilai cicilan total per bulan tidak melebihi 35 persen dari pemasukan maka pemasukan idealnya minimal Rp 21,17 juta per bulan.

Baca juga: Saat Melewati Jalan Berlubang Jangan Bermanuver Sembarangan

Honda Brio Satya Kompas.com/Nanda Honda Brio Satya

Pun demikian ketika ingin membeli Honda Brio, seperti yang disebutkan oleh video di TikTok tersebut.

Misalkan tipe yang diambil ialah Honda Brio RS transmisi manual seharga Rp 209 juta dengan tenor atau lama cicilan 36 bulan, dengan jumlah cicilan sebesar Rp 4 juta per bulan.

Maka pemasukan calon konsumen idealnya ialah Rp 12 jutaan per bulan, dengan mempertimbangkan nilai cicilan mobil per bulan tidak melebihi 35 persen.

Meski begitu kata Budi, nilai cicilan ini bisa diperingan dengan mempersiapkan uang muka (DP) yang lebih besar atau mencari pinjaman dengan bunga yang lebih kompetitif.

"Misalnya mencari pinjaman dari kantor tempat bekerja jika perusahaan menyediakan program kepemilikan kendaraan bagi karyawan, atau bank yang sudah ada kerjasama dengan perusahaan tempat bekerja," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com