Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Ban Ini Tunjukan Komitmen Lewat Inovasi Produk Baru

Kompas.com - 22/02/2023, 17:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), bagian dari Bridgestone Corporation pemimpin global dalam Layanan Mobilitas Berkelanjutan dan Solusi Tingkat Tinggi terus menjalankan komitmennya sebagai perusahaan solusi berkelanjutan melalui program Bridgestone E8 Commitment.

Bridgestone E8 Commitment merupakan langkah untuk semakin mempercepat evolusi program sustainaiblity dari Bridgtestone yang berbasis pada Energy (Energi), Ecology (Ekologi), Efficiency (Efisiensi), Extension (Ekstensi), Economy (Ekonomi), Emotion (Emosi), Ease (Kemudahan), dan Empowerment (Pemberdayaan).

Baca juga: Skema Kredit Motor Listrik Rakata NX3, DP Ringan Rp 2 Jutaan

Dari sisi teknologi produk, salah satunya Bridgestone Indonesia memperkenalkan ban Ecopia, ban ramah lingkungan yang dirancang khusus dengan teknologi low rolling resistance (LRR) yang mampu menghasilkan ban dengan hambatan gulir yang rendah.

Ban dengan resistansi gulir rendah dirancang untuk mengurangi kehilangan energi saat ban menggelinding, sehingga akan mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan dan mengurangi emisi gas karbon.

Promo ban Bridgestone di IIMS 2023KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Promo ban Bridgestone di IIMS 2023

Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno mengatakan, tantangan dari pengembangan ban tersebut adalah bagaimana secara kualitas, durabilitas dan safety sama, tetapi lebih enteng.

“Bobot kendaraan listrik lebih berat dibanding mobil biasa. Sebab itu, ban mobil listrik dibuat lebih ringan. Untuk ban teknologi Enliten sudah digunakan di Eropa. Di Indonesia kita tunggu saja tanggal mainnya,” ucap Mukiat.

Dengan inovasi terbaru dari Bridgestone, ban Enliten selain dibuat menjadi lebih ringan dari ban biasa juga mampu mengasilkan hambatan gulir yang rendah, hal ini berkontribusi pada kondisi mesin saat pembakaran hingga konsumsi bahan bakar dan saat emisi CO2, dan secara signifikan menghemat pemakaian baterai pada mobil listrik.

Selain teknologi produk terbaru, aksi nyata Bridgestone terhadap komitmen E8-nya tercermin melalui berbagai program tangggung jawab sosial (CSR). 

Promo ban Bridgestone di IIMS 2023KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Promo ban Bridgestone di IIMS 2023

Hal ini tercermin pada program pengelolaan sisa produksi ban atau ban bekas pakai berbasis pemberdayaan masyarakat seperti proyek sosotan, serta aksi konservasi hutan mangrove dan pemberdayaan masyarakat dengan pembinaan produk olahan makanan di sekitar Muara Gembong, Bekasi.

Baca juga: Kenalan dengan Mobil Amfibi Buatan Ukraina di IIMS 2023

Di ranah internal perusahaan, budaya dan semangat berkelanjutan diwujudkan melalui program Sustainability Day dan pelatihan duta sustainability.

“Fondasi program keberlanjutan di Bridgstone pada dasarnya mengacu pada strategi lima pilar, yaitu carbon neutral, ekonomi sirkular, solusi dan inovasi produk, pemberdayaan komunitas, serta pola pikir dan budaya berkelanjutan,” kata Yunus Triyonggo selaku HR & GA Director Bridgestone Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com