Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Lubang Cas Biasa dan Fast Charging Esemka Bima EV

Kompas.com - 20/02/2023, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Esemka Bima EV menjadi salah satu mobil yang menarik perhatian di IIMS 2023. Mibibus listrik itu sempat dinaiki oleh Presiden Jowo Widodo saat pembukaan pameran, Kamis (16/2/2023).

Sebagai minibus listrik Bima EV menggunakan baterai sebagai sumber tenaga. Catu daya disuplai baterai Ternary Ion-Lithium spesifikasi 40 Kw 350,4 V yang dapat dicas dengan dua tempat berbeda.

Baca juga: Berlaku Pagi Ini, Berikut 28 Akses Gerbang Tol di Jakarta yang Kena Ganjil Genap

Lubang charging biasa di Esemka Bima EV berada yang berada di samping bodi sebelah kanan.KOMPAS.com/Gilang Lubang charging biasa di Esemka Bima EV berada yang berada di samping bodi sebelah kanan.

Lubang pengisian pertama terdapat di bagian samping bodi sebelah kanan, yaitu lubang cas baterai jika memakai lagi di rumah rumah. Sedangkan mode fast charging berada di dalam kap mesin depan.

"Terdapat dua lubang pengisian untuk charging. Buat charger-an rumah di bagian samping. Tapi kalau yang fast charging mesti buka kap mesin di bagian depan, pakai charger yang ada di SPKLU," kata salah satu wiraniaga Esemka kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Wiraniaga tersebut mengatakan, charger rumah model AC bertegangan 220 volt sedangkn fast charging SPKLU model DC dengan tegangan 750 volt.

Baca juga: Lelang Mobil dan Motor di IIMS 2023, Bisa Dapat Harga Miring

Mobil listrik Esemka Bima EV  dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Mobil Esemka Bima EV mulai dipasarkann dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Bima EV dipasarkan sebesar Rp 540 juta untuk model penumpang atau minibus. Sedangkan untuk yang Cargo dijual Rp 530 juta.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik Esemka Bima EV dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Mobil Esemka Bima EV mulai dipasarkann dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Bima EV dipasarkan sebesar Rp 540 juta untuk model penumpang atau minibus. Sedangkan untuk yang Cargo dijual Rp 530 juta.

"Pengisian baterai standar memakan waktu 8 jam sedangkan pakai mode cepat kurang lebih hanya satu jam," kata dia.

Bima EV menggunakan motor penggerak alias dinamo TM4018 tipe permanent magnet synchronous motor. Catu daya disuplai baterai Ternary Ion-Lithium spesifikasi 40 Kw 350,4 V.

Motor listrik mampu menghasilkan tenaga 75 tk dan torsi 165 Nm. Mobil mampu berlari hingga kecepatan 100 kpj. Saat baterai terisi penuh mobil dapat berjalan 300 km dalam sekali isi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com