Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Quartararo Melempem pada Tes Sepang Hari Terakhir

Kompas.com - 13/02/2023, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Yamaha Fabio Quartararo harus puas finis di urutan ke-19 sesi tes pramusim MotoGP Sepang hari ketiga, yang berlangsung pada Minggu (12/2/2023).

Tak hanya Quartararo, rekan setimnya yakni Franco Morbidelli juga mengalami nasib serupa yakni harus finis di urutan ke-20.

Hasil ini berbanding terbalik dengan tes hari kedua, di mana kecepatan Quartararo cukup bagus. Pebalap berusia 23 tahun itu bahkan berhasil mencapai angka 335,4 Km per jam (Kpj).

Walaupun angka tersebut masih di bawah pebalap Ducati yaitu Francesco Bagnaia dan Jorge Martin yang mencetak 336,4 Kpj.

Baca juga: Terjadi Lagi Pengemudi Fortuner Arogan, Tabrak dan Ancam Sopir Taksi Online

Quartararo mengatakan, tes MotoGP Sepang berakhir pahit lantaran dirinya menggunakan ban baru.

“Saya senang dengan kemajuan dalam kecepatan tertinggi yang sudah lama saya minta, dan fakta bahwa kami memiliki bagian yang berbeda untuk diuji. Tapi hari ini perasaan itu bukan yang terbaik, itu hanya baik di beberapa sektor,” ucap Quartararo dikutip dari GPOne, Senin (13/2/2023).

Pebalap Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) saat konferensi pers di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Fabio Quartararo finis di posisi pertama dengan catatan 1 menit 31,067 detik.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) saat konferensi pers di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Fabio Quartararo finis di posisi pertama dengan catatan 1 menit 31,067 detik.

“Saya merasa sangat nyaman dengan ban bekas. Tapi saat kami memakai ban baru, itu adalah mimpi buruk. Hal terpenting saat ini adalah untuk memahami mengapa kami tidak dapat berkembang dengan ban baru. Mengingat akan ada balapan, kualifikasi dan sprint, kami tidak membuat kemajuan apapun,” lanjutnya.

Pebalap asal Perancis itu pun mengaku tak mengetahui penyebab mengapa ban baru itu tidak cocok dengan YZR-M1. Ia juga berharap tim Yamaha bisa segera menemukan solusi sebelum tes pramusim di Portimao.

Baca juga: Dari Puncak Arah Jakarta Berlaku One Way, Waspada Hujan dan Berkabut

“Saya tidak tahu apa yang terjadi dan ini adalah tanda tanya besar. Tapi ini bukan alasan kami tertinggal, itu bukan pertanda baik dan kami berharap menemukan solusi di Portimao,” kata Quartararo.

Sebagai informasi, agenda tes MotoGP Sepang 2023 telah berakhir pada Minggu (12/2/2023). Adapun untuk tes pramusim MotoGP berikutnya akan berlangsung pada 11-12 Maret 2023 di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com