Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Seberapa Laris Penjualan Toyota Sienta di Indonesia

Kompas.com - 31/01/2023, 11:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi menghapus Sienta dalam daftar jajaran produknya di situs resmi perusahaan.

Meski begitu, pihak Toyota sudah memastikan bahwa Multi Purpose Vehicle (MPV) pintu geser itu masih dijual, hanya saja kini berstatus spot order.

“Sienta masih dijual, statusnya spot order,” ucap Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, saat dihubungi Kompas.com, Senin (30/1/2023).

Baca juga: Toyota Motor Corporation Jadi Perusahaan Otomotif Terlaris di Dunia

Sebagai informasi, Sienta pertama kali mengaspal di Indonesia pada 2016. Saat diluncurkan pertama kali, permintaan mobil keluarga Toyota itu cukup besar.

Mengacu pada data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2016 Toyota berhasil distribusikan Sienta dari pabrik ke diler sebanyak 17.931 unit.

Toyota Sienta Varian V dengan kursi wheelcab jadi salah satu pilihan MPV dengan akses lengkap bagi disabilitas Toyota Sienta Varian V dengan kursi wheelcab jadi salah satu pilihan MPV dengan akses lengkap bagi disabilitas

Kemudian pada tahun berikutnya, penurunan Sienta mulai terjadi pada 2017 terkirim 14.968 unit.

Angka penjualan Toyota Sienta kembali menurun drastis pada 2018. Sepanjang Januari-Desember 2018, Sienta hanya sanggup mencetak angka penjualan 5.113 unit.

Distribusi Sienta dari pabrik ke diler pada 2019 dan 2022 terus menurun, penjualan berada di angka 1.030 dan 393 unit.

Selanjutnya pada 2021, distribusi Sienta dari pabrik ke diler mengalami kenaikan lantaran adanya kebijakan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah, namun tidak signifikan, yakni sebanyak 841 unit.

Baca juga: Menyimpan Motor Koleksi, Pakai Standar Samping atau Ganda?

Sementara pada periode Januari-Desember 2022, total pengiriman mobil yang diproduksi ke diler Toyota hanya 99 unit.

Sejak awal tahun 2022 Sienta diketahui sudah menyandang status spot order. Artinya unit tidak ready stock, dan baru akan diproduksi setelah ada pesanan yang masuk.

Namun, jika melansir dari laman resmi Auto2000, Toyota Sienta masih ditawarkan dengan dua pilihan, yakni New Sienta 1.5 V CVT yang dibanderol Rp 325.400.000 dan New Sienta 1.5 Q CVT dibanderol Rp 347.000.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com