Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kental Nuansa Retro, Honda Pamer Civic Generasi Pertama di Jakarta

Kompas.com - 19/01/2023, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Diperkenalkan pertama kali di dunia pada 1972, Honda Civic memiliki nama yang cukup besar, termasuk untuk pasar Indonesia.

Mobil yang identik dengan aura sporty dan agresif tersebut, memang memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan tak sedikit orang justru memelihara model lawas sebagai koleksi dan investasi.

Nah, buat yang penasaran dengan bentuk asli Honda Civic generasi pertama, kini bisa dengan mudah melihatnya di Dreams Cafe Senayan Park, Jakarta Selatan. Honda Prospect Motor (HPM) bakal memajangnya hingga 18 Februari 2023 mendatang.

Seperti dijelaskan sebelumnya, Honda Civic generasi pertama diproduksi langsung di Jepang pada 1972 hingga 1979, yang kemudian juga diekspor ke berbagai negara.

Baca juga: Begini Jadinya jika Honda Civic Type R Punya Versi Hatchback

Beda dengan saat ini yang sudah memiliki teknologi modern serta tenaga buas, untuk generasi perdana hanya menggunakan mesin 1.200 cc empat silinder yang mampu menghasilkan tenaga 50 tk.

Honda Civic Generasi Pertama HPM Honda Civic Generasi Pertama

Namun pada eranya, Civic lawas terbilang sebagai salah satu mobil yang memiliki fitur lengkap, seperti rem cakram bagian depan, wiper belakang, bahkan sampai pilihan sistem transmisi manual dan matik.

Melihat sekilas tampilannya, model generasi pertama yang tampil di Dreams Cafe masih sangat orisinal dengan cat nuansa hijau dan ornamen kromium.

Tak hanya desain luar, bagian interior juga sangat terjaga dengan nuansa serba retro dari lingkar kemudi, balutan warna cerah pada jok dan door trim, speedometer, dasbor, ventilasi AC, dan sebagainya.

Baca juga: All New Ayla dan Agya Bakal Pakai Mesin Turbo?

Honda Civic Generasi Pertama HPM Honda Civic Generasi Pertama

Pada 1974, Civic generasi pertama resmi memasuki pasar Amerika Serikat. Kehadirannya sudah mengalami pengembangan dengan mesin baru Compound Vortex Controlled Combustion (CVCC) yang membuat tenaganya naik jadi 52 tk, dan diklaim memiliki efisiensi bahan bakar serta emisi yang lebih ramah lingkungan.

Honda Civic generasi pertama juga merupakan model Honda pertama yang menggunakan emblem RS pada 1974, di mana secara visualnya memang dibuat lebih sporty.

Tak sekadar tampilan desain, peningkatan performa juga dilakukan Honda untuk Civic RS yang menggunakan transmisi lima percepatan dan mesin yang lebih bertenaga dibandingkan versi standar.

Baca juga: Mengulik Fitur Honda WR-V, Mengandalkan ADAS Honda Sensing

Honda Civic RS generasi pertama telah diproduksi sebanyak 20.000 unit di seluruh dunia, dan pada 1976 baru masuk ke pasar otomotif Indonesia.

Honda Civic Generasi Pertama HPM Honda Civic Generasi Pertama

Sampai saat ini, Honda Civic sudah melalui sebelas generasi dan pada 2022 Civic resmi merayakan 50 tahun eksistensinya sebagai model global Honda. Sepanjang 2022, HPM berhasil mengantongi penjualan retail sebanyak 630 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.