Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda XRE 300, Motor Petualang Baru Calon Pesaing V-Strom 250 SX

Kompas.com - 09/01/2023, 15:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda kabarnya tengah menyiapkan motor petualang baru bernama XRE 300. Melihat speknya motor ini pantas untuk bersaing di segmen adventure 250 cc yang telah diisi Suzuki V-Strom 250 SX.

Dilansir dari Ride Apart (9/1/2023), Honda XRE 300 sejatinya telah meluncur di Brasil. Ke depannya, motor ini bakal hadir juga di pasar India.

Melihat tampilannya, XRE 300 hadir dengan desain motor adventure yang gagah dengan kaki-kaki jenjang.

Baca juga: Awas Tabrak Belakang, Ingat Rumus 3 Detik di Jalan Tol

Honda XRE 300Dok. Honda Brasil Honda XRE 300

Suspensinya punya spek travel panjang, dengan teleskopik di depan dan suspensi belakang monosok dengan sistem Pro-link. Sementara roda pakai pelek jari-jari kombinasi ring 21-19 inci, dibalut ban dual purpose.

Adapun, ciri khas motor petualang terlihat dari shroud tangki besar dengan moncong paruh burung alias sepatbor depan tingkat.

Sementara jok pakai model tandem yang tampak tebal, dipadu behel belakang dengan fungsi bracket top box dan posisi knalpot tinggi di samping.

Baca juga: Segini Rata-rata Gaji Sopir Bus AKAP di Indonesia

Perihal dapur pacu, mesin XRE 300 memiliki basis yang berbeda dengan CRF250 Rally. Di mana motor petualang terbaru ini berkapasitas 291 cc DOHC 8 katup berpendingin udara dengan sistem injeksi.

Tenaganya disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan, dengan output sebesar 25,5 Tk pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 27 Nm pada 6.000 rpm.

Bicara soal fitur, XRE 300 telah dilengkapi dengan lampu full LED, panel instrumen digital, serta tangki bensin sebesar 13,8 liter. dan bobot seberat 148 kg.

Baca juga: Ingat, 28 Akses Gerbang Tol di Jakarta Berlaku Ganjil Genap

Honda XRE 300Dok. Honda Brasil Honda XRE 300

Selain itu, sistem pengereman motor didukung kaliper 2 piston di depan dan 1 piston di belakang dengan sistem ABS dual channel.

Motor yang memiliki bobot 148 kg ini dibanderol dengan harga 4.467 dollar AS atau setara Rp 69 jutaan di Brasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com