Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekad Ducati Bikin Alex Marquez Jadi Pebalap Top MotoGP

Kompas.com - 30/12/2022, 17:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim balap asal Italia, Ducati, mendulang sukses di MotoGP 2022. Ducati berhasil meraih triple crown melalui tiga kategori kemenangan yakni tim, konstruktor dan pebalap.

Tak hanya itu, bahkan seluruh rider tim Ducati baik tim pabrikan maupun tim satelit sukses tampil kompetitif di musim 2022.

Di antaranya adalah Enea Bastianini yang meraih hasil gemilang dengan menempati posisi ketiga klasemen akhir, berkat total empat kemenangan, dua kali runner-up yang diraihnya.

Baca juga: Pentingnya Sesekali Geber Mobil untuk Kesehatan Mesin

Hasil positif itu pun membuat Bastianini berkesempatan untuk naik ke tim pabrikan Ducati dan menjadi rekan setim Francesco Bagnaia pada MotoGP 2023.

Pencapaian Bastianini itu tak terlepas dari peran Manuel Poggiali pelatih tim Gresini Racing yang memiliki peran cukup penting dalam pertumbuhan dan peningkatan Enea Bastianini.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Valencia 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Valencia 2022

“Saya puas dengan musim 2022. Ini merupakan tahun yang sangat positif. Saya melakukan debut di kategori rumit seperti MotoGP, yang tertinggi. Berkat kerja seluruh tim, musim telah muncul dengan banyak aspek bagus, beberapa hal harus diperbaiki tetapi itu adalah bagian dari permainan dan kami di sini untuk itu,” ucap Poggiali, dikutip dari Motosan.es, Jumat (30/12/2022).

“Ini adalah titik awal yang memberikan motivasi yang tepat untuk terus menempuh jalan, untuk terus tumbuh, berkembang dan mencapai kepuasan yang luar biasa,” lanjut mantan juara dunia 125cc dan 250cc itu.

Baca juga: Apakah Bisa Mobil Karburator Diubah Menjadi Injeksi?

Poggiali pun bertekad untuk membawa rider dari tim satelit Ducati lainnya ke puncak MotoGP di musim depan. Salah satunya adalah Alex Marquez yang baru saja hijrah dari tim LCR Honda ke Gresini Racing di musim depan.

“Baik Alex Márquez dan Fabio Di Giannantonio menjalani musim yang tidak terlalu menarik dan akan sangat penting untuk menciptakan hubungan kepercayaan total dengan tim dan bekerja pada poin yang dapat ditingkatkan,” ucap Poggiali.

“Kami sudah mengetahui sesuatu tentang Fabio sejak dia membalap bersama kami pada 2022, sekarang saatnya kami memulai jalur baru dengan Alex,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com