Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Tips Mudah Mengukur Lebar Bodi Mobil Saat Lewat Jalan Sempit

Kompas.com - 11/12/2022, 09:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan mobil butuh feeling yang kuat. Salah satu yang biasanya cukup sulit buat pemula ialah mengkur lebar bodi kanan-kiri mobil saat melewati jalan agar tidak menyenggol kendaraan lain.

Akun TikTok motosat_tv membagikan tips mengukur bodi mobil menggunakan setir. Cara ini disebut cukup mudah tapi berkhasiat, yaitu dengan memerhatikan setir, pengemudi dapat mengukur jarak antara mobil dengan kendaraan lain.

Baca juga: Mazda 6 20th Anniversary Edition Meluncur, Tersedia Versi Wagon

@motosat_tv Cara Mengujur Body Kanan Kiri Mobil #tutorialmengemudimobil #tutorialmengemudi #belajarmobilpemula #belajarmobilmanual #feelingbodymobil ? suara asli - motosat_tv

 

Syaratnya setir yang dipakai ialah standar atau asli bawaan mobil. Lingkar ujung setir merupakan batas mobil. Artinya ujung setir kanan ialah roda ban kanan dan sebaliknya, ujung setir bagian kiri merupakan roda kiri.

"Selama kendaraan itu di luar tangan kita (ujur setir) pasti aman (kendaraan lain berada di luar). Tapi kalau kendaraan depan itu masuk tangan kita gini bagian dalam tangan itu nabrak," sebut pria dalam video tersebut dikutip, Minggu (11/12/2022).

Norman Syam, instruktur dari Indonesia Safety Driving Center (ISDC) mengatakan, selain main feeling pengemudi juga perlu mengetahui lebar jalan. Sebab jalan sempit biasanya ada yang terdiri dari dua mobil dan satu mobil.

Baca juga: Impresi Singkat Jajal Aprilia Tuareg, Motor Petualang 660cc

Tangkapan layar dari video truk masuk jalan sempit di kompleks Putrajaya, Malaysia, lalu menabrak dan menyerempet mobil-mobil di sanaFACEBOOK INFO.SEMASA via WORLD OF BUZZ Tangkapan layar dari video truk masuk jalan sempit di kompleks Putrajaya, Malaysia, lalu menabrak dan menyerempet mobil-mobil di sana

Pada prakteknya pengemudi juga harus berkonsentrasi penuh. Tujuannya agar tidak lengah apabila ada anak kecil, hewan ataupun motor yang melintas.

Pengemudi juga sebaiknya membunyikan klakson jika menemui belokan. Tujuannya memberitahukan keberadaan kita ke pengendara jalan yang lain dari arah berlawanan. Bila di tengah jalan berpapasan dengan mobil lain.

"Kalau kita pengemudi yang defensive, ngalah saja. Berhenti dulu sambil meminggirkan sedikit. Kalau posisi lebar jalannya sudah aman, berikan jalan. Jadi selain konsentrasi penuh, kita juga harus bersabar," ucap Norman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com