Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2022, 06:22 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Hadirnya Jalan Tol Trans-Sumatera memang memberikan berbagai manfaat. Bukan cuma bagi pemilik kendaraan pribadi, melainkan juga Pengusaha Otobus (PO) otomatis ikut menikmati pengaruh positifnya.

Salah satu PO legendaris yang ada di Pulau Sumatera yakni PT Antar Lintas Sumatera (ALS) merasakan langsung dampak hadirnya Jalan Tol Trans-Sumatera. Paling terasa adalah waktu perjalanan yang semakin singkat.

Alwi Batondang, Humas dari PT ALS mengatakan, hadirnya Jalan Tol Trans-Sumatera sangat berdampak pada waktu tempuh yang dilalui bus, baik rute AKAP di Sumatera maupun antar pulau.

Baca juga: 5 Bus Baru PO Tam, Pakai Sasis OH 1626 Matik

Bus AKAP PO ALSKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus AKAP PO ALS

"Yang jelas waktu tempuh, semakin mempersingkat. Biasanya Tebingtinggi ke Medan itu lima jam, sekarang cuma satu jam," ucap Alwi saat ditemui tim Merapah Trans-Sumatera 2022 di Pool PT ALS, Medan belum lama ini.

Bukan cuma tol yang ada di Sumatera Utara, hadirnya jalan tol yang menghubungkan Lampung sampai Palembang juga mengurangi waktu tempuh yang signifikan. Jadi bus setelah menyeberang dari Pulau Jawa bisa lebih cepat sampai di tujuan.

Baca juga: Luhut Sebut Insentif Pembelian Motor Listrik Rp 6,5 Juta Per Unit


Alwi mengatakan, selama hadirnya Jalan Tol Trans-Sumatera tidak ada beban tambahan untuk tarif yang berlaku. Bahkan bisa dibilang tarifnya masih sama saat awal hadirnya tol jika dibandingkan dengan non-tol.

"Tidak kita bebankan ke konsumen atau penumpang (kenaikan tarif), jadi masih sama. Kita coba berikan kepuasan kepada penumpang dengan mempersingkat waktu tempuh dan penumpang merasa nyaman," ucap Alwi.

Saat awal tol dibuka, ternyata terjadi kenaikan jumlah penumpang bus yang signifikan. Hal ini dikarenakan waktu tempuh yang dipangkas hampir 12 jam untuk semua rute.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.