Fungsi Crash Cusion di Jalan Tol, Mencegah Kecelakaan Fatal

Kompas.com - 24/11/2022, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika berkendara melintasi jalan tol pasti sudah tidak asing lagi dengan keberadaan benda tumpul berwarna kuning terang yang terpasang pada setiap ujung pagar.

Ternyata, benda tersebut bukan sekedar pemanis jalan tol karena memiliki peran penting dalam mengurangi kecelakaan fatal, jika kendaraan menabrak ujung pagar pengaman jalan. Tidak hanya itu, benda tersebut memilki nama yaitu crash cushion atau peredam tumbuk.

Melansir dari bpjt.pu.go.id, crash cushion merupakan suatu inovasi teknologi yang digunakan dalam meredam tumbuk benturan untuk mengurangi fatalitas kecelakaan ketika terjadi di jalan tol.

Baca juga: Mobil Toyota Terlaris Oktober 2022, Avanza Turun Drastis, Rush Meroket

Crash cushion biasanya dipasang pada ujung pagar pengaman jalan tol berbentuk tumpul dan warna kuning yang memantulkan cahaya.

Teknologi crash cushion di jalan tol juga efektif dipasang di jalan tol dimana banyak kendaraan dengan kecepatan tinggi, sehingga semakin meminimalisir tingkat resiko kecelakaan saat menabrak pembatas jalan.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga telah merekomendasikan penggunaan crash cushion untuk meredam benturan pada kendaraan saat terjadi tumbukan dengan pagar pengaman jalan tol.

Baca juga: Chery Omoda 5 Meluncur Tahun Depan, Ada Versi Listrik

Beberapa ruas tol telah dipasangi crush cushion antara lain dipasang di Tol Solo - Ngawi, Tol Semarang - Solo, Tol Batang - Semarang, Tol A.P. Pettarani, Tol Cengkareng - Kunciran, Tol Serang - Panimbang, Tol Jakarta - Cikampek, Aksee Tol BIJB Kertajati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.