Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Crash Cusion di Jalan Tol, Mencegah Kecelakaan Fatal

Kompas.com - 24/11/2022, 17:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika berkendara melintasi jalan tol pasti sudah tidak asing lagi dengan keberadaan benda tumpul berwarna kuning terang yang terpasang pada setiap ujung pagar.

Ternyata, benda tersebut bukan sekedar pemanis jalan tol karena memiliki peran penting dalam mengurangi kecelakaan fatal, jika kendaraan menabrak ujung pagar pengaman jalan. Tidak hanya itu, benda tersebut memilki nama yaitu crash cushion atau peredam tumbuk.

Melansir dari bpjt.pu.go.id, crash cushion merupakan suatu inovasi teknologi yang digunakan dalam meredam tumbuk benturan untuk mengurangi fatalitas kecelakaan ketika terjadi di jalan tol.

Baca juga: Mobil Toyota Terlaris Oktober 2022, Avanza Turun Drastis, Rush Meroket

Crash cushion biasanya dipasang pada ujung pagar pengaman jalan tol berbentuk tumpul dan warna kuning yang memantulkan cahaya.

Teknologi crash cushion di jalan tol juga efektif dipasang di jalan tol dimana banyak kendaraan dengan kecepatan tinggi, sehingga semakin meminimalisir tingkat resiko kecelakaan saat menabrak pembatas jalan.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga telah merekomendasikan penggunaan crash cushion untuk meredam benturan pada kendaraan saat terjadi tumbukan dengan pagar pengaman jalan tol.

Baca juga: Chery Omoda 5 Meluncur Tahun Depan, Ada Versi Listrik

Beberapa ruas tol telah dipasangi crush cushion antara lain dipasang di Tol Solo - Ngawi, Tol Semarang - Solo, Tol Batang - Semarang, Tol A.P. Pettarani, Tol Cengkareng - Kunciran, Tol Serang - Panimbang, Tol Jakarta - Cikampek, Aksee Tol BIJB Kertajati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com