Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Ungkap Teaser CX-90, Pakai Mesin Enam Silinder Segaris

Kompas.com - 17/11/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda dikabarkan segera meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya yakni CX-90, pada 2023 mendatang.

Disitat dari Motor1.com, Rabu (16/11/2022), CX-90 adalah versi tiga baris yang mirip dengan CX-9. Namun, kabarnya mobil ini akan dibekali bodi yang lebih besar, lebar dan panjang dari jajaran SUV Mazda yang dijual saat ini.

Teaser baru Mazda CX-90 yang dirilis oleh situs Mazda Amerika Serikat juga membocorkan emblem bertuliskan ‘inline 6’ yang disematkan pada bagian samping SUV bongsor besutan merek Jepang itu. Artinya, dipastikan mesin yang dibekali berkonfigurasi 6 silinder segaris.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Ekspor Mobil dan Komponen Moncer di Oktober 2022

Sayangnya tak banyak detail yang tersedia mengenai mesin inline-6 yang bakal digunakan. Sama seperti CX-60, mobil ini bisa saja menggunakan mesin bensin 3.0 liter SkyActiv-X inline-six dengan tenaga yang lebih kuat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mazda USA (@mazdausa)

Kemungkinan untuk mesin lainnya adalah turbo-diesel 3.3 liter SkyActiv D yang mampu menghasilkan tenaga 228 tk dan torsi 500 Nm.

Kabarnya, akan ada juga versi plug-in hybrid yang akan menghasilkan output 251 tk dan torsi 550 Nm. Namun, belum bisa diketahui secara pasti, terkait spesifikasi baterai yang akan digunakan.

Masih dari sumber yang sama, Mazda mengatakan mesin inline-6 bakal menjadi mesin yang terakhir dibuat oleh Mazda. Hal ini sejalan dengan komitmen Mazda untuk menjadikan seluruh jajaran kendaraan elektrifikasi pada 2030.

Mazda CX-9 AWDKompas.com/ApridaMegaNanda Mazda CX-9 AWD

Baca juga: Bahlil Ajak Australia Kembangkan Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Adapun Mazda CX-90 nantinya akan menggantikan Mazda CX-9. SUV ini mencatatkan 26.860 pengiriman dalam 10 bulan pertama tahun 2022, atau turun 13,8 persen dari 31.172 unit pada periode yang sama tahun lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.