Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Desain Eksterior Honda WR-V, Penantang Kuat Raize-Rocky

Kompas.com - 04/11/2022, 08:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Debut perdana Honda WR-V di dunia telah resmi dilakukan PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen tunggal pemegang merek Honda Indonesia, Rabu (2/11/2022).

Bergenre small sport utility vehicle (SUV), mobil ini akan menjadi penantang kuat Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang sudah lebih dahulu datang dan memimpin pasar.

Tentu, sebagai penantang, produk yang dikembangkan dari Honda SUV RS Concept selama lima tahun ini membawa sejumlah aspek menarik. Apalagi, perseroan menyebut WR-V didesain khusus mengikuti kondisi Indonesia.

Baca juga: Kencan Singkat Bersama Honda WR-V, Bodi Ringkas Tenaga Melimpah

World premiere Honda WR-V di IndonesiaKOMPAS.com/Adityo Wisnu World premiere Honda WR-V di Indonesia

Pertama, lihat saja dimensinya. Dibanding produk kembar Toyota-Daihatsu tadi, WR-V lebih luas dan tinggi. Rinciannya, panjang mobil 4.060 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.608 mm, dan ground clearance 220 mm.

Sementara Raize-Rocky, memiliki panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, dan ground clearance 200 mm. Tapi soal jarak sumbu roda, mobil kembar ini lebih unggul dengan 2.525 mm.

Toyota Raize GR Sport Two Tone Non-TSSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota Raize GR Sport Two Tone Non-TSS

Soal tampangnya, eksterior WR-V dihiasi desain tesselated pada bagian gril depan yang tak jauh berbeda dari desain SUV RS Concept. Besarannya pun cukup minimalis, sehingga membuat kendaraan tampak gagah tapi modern.

Lampu LED lengkap dengan sentuhan aksen krom berwarna gelap dan sein sequential juga menambah kesan modern di mobil. Tapi desain rumah fog lamp yang tepat berada di bawah lampu utama agak 'salah tempat' karena malah kental terasa sporty.

World Premiere Honda WR-VKOMPAS.com/Ruly Kurniawan World Premiere Honda WR-V

Beranjak ke bagian samping, tampak sekilas bodi WR-V ini mirip dengan HR-V generasi terdahulu (sebelum facelift) maupun Brio dengan lekukan tipis yang dinamis, memanjang dari lampu depan ke belakang.

Terlebih untuk bagian pintu baris kedua, dibuat ala coupe dengan peletakan door handle pada bagian samping bingkai jendela.

Baca juga: Ini Alasan Indonesia Jadi Negara Pertama yang Meluncurkan Honda WR-V

World premiere Honda WR-V di IndonesiaKOMPAS.com/Adityo Wisnu World premiere Honda WR-V di Indonesia

Sedangkan untuk bagian belakang, tidak banyak aspek yang dibahas secara jauh. Sebab terlihat lebih polos seperti buritan Brio, walau desain lampunya cukup dinamis dengan dihiasi LED bars.

Sesuai genrenya, WR-V memiliki ground clearance 220 mm yang dipadukan pelek 17 inci two-tone untuk tipe RS, sedangkan WR-V tipe E menggunakan ukuran yang lebih kecil, yakni 16 inci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com